Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Dendam, Marc Marquez Enggan Berdamai dengan Valentino Rossi

Kompas.com - 18/12/2022, 11:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengungkap kadar perselisihannya dengan beberapa pebalap MotoGP. Menurutnya, rivalitas dengan Valentino Rossi adalah yang terburuk yang pernah ia alami.

Marquez mengatakan, dirinya enggan berdamai dengan Rossi. Ia bahkan menyebut perseteruan mereka bagaikan sebuah perceraian suami dan istri.

“Dengan Vale itu berbeda. Saya memiliki hubungan terburuk dengan Vale. Itu seperti perceraian, Anda dapat mendengar satu versi atau versi lainnya, tetapi apa pun itu pada akhirnya kami seperti meledak," ujar Marquez, disitat dari Paddock GP (18/12/2022).

Baca juga: Ganti Oli Mobil, Sebaiknya Pakai Patokan Jarak Tempuh atau Waktu?

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) berada di depan pebalap Italia Yamaha-SRT Valentino Rossi (kiri) dalam sesi latihan bebas ketiga menjelang MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring pada 19 Juni 2021.AFP/RONNY HARTMANN Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) berada di depan pebalap Italia Yamaha-SRT Valentino Rossi (kiri) dalam sesi latihan bebas ketiga menjelang MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring pada 19 Juni 2021.

Sejatinya, Marquez punya kesempatan untuk berdamai atau setidaknya mengubur dalam-dalam kenangan persaingan selama ini, lantaran Rossi telah memutuskan pensiun.

Namun, pebalap 29 tahun itu tetap enggan melakukan rekonsiliasi. Meski dia tetap menghormati Rossi sebagai pembalap berkualitas.

"Saya kira kita tidak bisa melakukannya (berdamai). Saya sangat menghormati dia atas apa yang telah dia lakukan untuk balapan motor, saya pikir dia adalah satu-satunya yang telah menarik banyak penggemar," ucap Marquez.

Baca juga: Bahaya Oil Sludge buat yang Malas Ganti Pelumas Mesin

"Namun, setelah apa yang terjadi di antara kami, setiap orang memiliki kehidupannya masing-masing," kata dia.

Sebagai 8 kali juara dunia, Marquez berprinsip bahwa selama berkompetisi tak ada teman di lintasan. Ia pun menganggap semua pebalap adalah rival.

Beberapa pebalap yang kerap mengganggunya menjadi juara seperti Jorge Lorenzo, bahkan rekan setimnya seperti Dani Pedrosa menurutnya adalah pesaing.

Baca juga: Bisa Meledak, Jangan Asal Lepas Pasang Kutub Aki

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

"Ketika Anda bermain untuk kejuaraan dengan pembalap lain, tidak ada masalah pribadi, tetapi ada ketegangan: saya mengalaminya dengan Jorge Lorenzo, dengan Dani Pedrosa," tutur Marquez.

"Begitu pula dengan Dani, setelah balapan terakhir di Valencia, hubungan kami membaik," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com