Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubahan Jimny Sierra Lawas Jadi JA71

Kompas.com - 06/12/2022, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara mobil standar yang paling banyak mengundang orang untuk modifikasi adalah Suzuki Jimny, tak terkecuali model lawas, yakni Jimny Sierra tahun 80-an

Sudah berapa kali SUV legendaris ini hadirkan dengan desain berbeda dan tampil lebih menarik. Mulai dari modifikasi bergaya offroad, ekstrem, hingga restorasi.

Baca juga: BMW iX5 Hydrogen Fuel Cell Diproduksi untuk Keperluan Tes

Seperti yang dilakukan oleh pria bernama Andry. Pria yang juga merupakan seorang modifikator khusus Jimny ini merestorasi Sierra lawas tahun 1984 untuk di convert menjadi JA71 versi negara asalnya, yakni Jepang.

Modifikasi Jimny Sierra 1984Kompas.com/Nanda Modifikasi Jimny Sierra 1984

“Saya dapat mobil ini tahun 2010, basicnya Jimny Sierra 1984. Nah, yang punya mobil ini kebetulan masih muda, masih SMA pada waktu itu, cuma taste-nya suka barang jadul. Dari situ saya mulai mencari seklasik apa mobil Jimny yang bisa ditampilkan. Akhirnya dapat JA71 versi Jepang ini,” ucap Andry, saat ditemui Kompas.com di kawasan BSD, Tangerang, beberapa waktu lalu.

Restorasi tersebut meliputi bagian eksterior dan interior. Di mana Andry melakukan ubahan mulai dari part yang paling sederhana.

“Awalnya bemper, grill, bonet, kap mesin, semua. Dari hal yang simpel dulu yang gampang didatangkan. Baru kemudian kita cari body partnya. Spakbornya, kanvas, kaca depannya, satu per satu baru kita rakit ulang,” ucapnya.

Modifikasi Jimny Sierra 1984Kompas.com/Nanda Modifikasi Jimny Sierra 1984

Pada bagian eksterior meliputi body part SGP, nose cut JA71C, bumper pesek JA71, rear bumper JA71, engine hood JA71 side mirror JA71, hingga grill dan iode foglamp JA71M.

Andry juga menyematkan center hub caps JA71, rear door JA71, side door JA22, JA71 tyre hanger, bestop fastback canvas top pada bagian eksterior.

Sementara pada bagian kaki-kaki Andry menggunakan JA71 steel rims, dan JA71 steel rims dan ban Accelera MT 01 profil 185/85/16.

Bagian interior pun tidak luput dari restorasi, Andy menyegarkan tampilannya dengan menggunakan Recaro Lemans II seat, mooneyes pin door lock, JA71 wheel steer, Audio by Blaupunkt.

Modifikasi Jimny Sierra 1984Kompas.com/Nanda Modifikasi Jimny Sierra 1984

Andry melanjutkan, hampir semua part restorasi sulit didapat sebab diimpor langsung dari negara asalnya Jepang.

“Hampir semua komponen susah didapat, karena hampir semua komponen saya ganti dan import dari Jepang. Kesulitan terbesarnya adalah nunggu barang, karena kita harus nyari, datang ke Indonesia, baru kita install,” katanya.

Baca juga: Harga MPV Murah Akhir 2022, Mulai Ada Kenaikan dan Banyak Dikson

Bicara soal biaya modifikasi, Andry membutuhkan dana Rp 250 jutaan dengan menghabiskan waktu modifikasi kurang lebih selama satu tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com