Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tesla Klaim Semi Pakai Tiga Motor Listrik yang Efisien

Kompas.com - 05/12/2022, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tesla Semi akhirnya mulai didistribusikan kepada pemesannya pada 1 Desember 2022. Pepsi menjadi perusahaan pertama yang menggunakan truk listrik racikan Elon Musk ini.

Dikutip dari insideev, ada beberapa informasi baru yang didapatkan ketika truk ini diluncurkan, terutama dari sisi penggeraknya. Secara tenaga, Tesla klaim Semi punya tenaga tiga kali lipat dari truk diesel sekelasnya.

Tenaga tadi bisa membuat Semi berakselerasi dari 0-96,5 kpj dalam 20 detik sambil membawa muatan penuh. Tesla Semi bisa membawa beban sampai sekitar 37 ton sekali jalan.

Baca juga: Tesla Model 3 Facelift, Harga Lebih Murah

Tesla SemiCARSCOOPS.COM Tesla Semi

Elon Musk, CEO Tesla mengatakan kalau Semi sama saja dengan truk biasa secara sensasi berkendara. Tapi kekuatannya muncul saat Semi menerjang tanjakan dengan kemiringan 6 persen dengan mudah.

Soal penggerak, Tesla Semi dibekali dengan tiga motor (tri-motor system). Dua motor listrik menggerakkan axle belakang dan satu motor listrik untuk as roda tengah.

Menariknya, susunan motor listrik tersebut diciptakan untuk mendapatkan efisiensi. Untuk as roda tengah, secara konstan selalu digunakan atau cocok untuk berkendara di jalan tol.

Baca juga: PO Bagong Pakai Bodi Bus Baru dari Tentrem, Max Facelift


Sedangkan untuk dua motor listrik menggerakkan roda kiri dan kanan as roda paling belakang. Dua motor listrik ini digunakan untuk berakselerasi dan torsi.

Secara otomatis, dua motor listrik yang ada di belakang terhubung dan diputus, agar menciptakan efisiensi energi selama digunakan. Selain itu, tri-motor system ini juga punya regenerative braking yang membantu pengereman sambil kembali mengisi baterai.

Untuk spesifikasi, Tesla Semi bisa menempuh jarak 483 Km sampai 804 Km, tergantung opsi baterai yang dipilih. Kapasitas baterainya pun diperkirakan 1 juta Wh atau 1.000 kWh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com