Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos KTM Percaya Pol Espargaro Bakal Bangkit di KTM

Kompas.com - 29/11/2022, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Gagal di Honda, musim depan Pol Espargaro kembali ke KTM dan bergabung dengan tim satelit Tech3 GasGas. Di tim barunya, dia harus tampil sebaik mungkin untuk menebus kegagalannya di Honda.

Alasannya ialah Pol meninggalkan tim pabrikan KTM untuk pindah ke Repsol Honda. Saat itu dia tahu Honda adalah pertaruhan, sebab jika gagal di Honda dia bisa saja mengubur kariernya sendiri.

Baca juga: Motor Trail Bekas, KLX dan CRF Dibanderol Mulai Rp 15 Jutaan

Pebalap MotoGP Honda, Pol Espargaro saat konferensi pers menjelang dimulainya rangkaian MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/3/2022).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap MotoGP Honda, Pol Espargaro saat konferensi pers menjelang dimulainya rangkaian MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (17/3/2022).

Direktur KTM Motorsport Pit Beirer yakin Pol bakal cepat beradaptasi di Tech3 GasGas, apalagi dia pernah membela Tech3 saat masih bersama Yamaha. Di Tech3 Pol juga bertemu dengan kepala kru Paul Trevathan saat di KTM.

Beirer mengatakan, saat tes perdana di Valencia, Pol terlihat luwes di atas motor. Hal ini pertanda bagus sebab pebalap memang mesti punya perasaan yang baik dengan motornya.

"Kemudian Anda melangkah lebih jauh dan Anda melihat betapa bahagianya Pol melompati sepeda motor dengan kepala kru lamanya. Anda melihat gambar betapa bahagianya dia di atas motor," kata Beirer mengutip Motorsport-Total.com, Selasa (29/11/2022).

Baca juga: Daihatsu Belum Tertarik Jual Mobil Listrik di Indonesia

Pol Espargaro saat berlaga di MotoGP Eropa. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Pol Espargaro saat berlaga di MotoGP Eropa. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

"Dia memiliki beberapa hal (di Honda) yang sulit dikendarainya. Dia tidak tahu apakah dia akan menemukan perasaan bahwa dia hilang. Dia langsung bahagia. Perasaan yang dia butuhkan ada di sana," kata dia.

Sangat penting bagi Beirer Pol langsung merasa nyaman dengan KTM. Di mana sebelum pindah ke Honda, Pol sebetulnya sangat berjasa buat KTM karena salah satu yang turut mengembangkan KTM RC16.

"Ini adalah tanda centang hijau, yang juga mengangkat semangat kami. Ada banyak bahan di sana. Ada banyak uang dalam proyek ini," kata Beirer.

Baca juga: Mitsubishi Sabet Empat Penghargaan GridOto Award 2022

Dani Pedrosa mengikuti ajang balap mobil Lamborghini Super Trofeo 2022Dok. @fotospeedy_it Dani Pedrosa mengikuti ajang balap mobil Lamborghini Super Trofeo 2022

"Anda tidak bisa banyak berubah untuk musim baru. Sekarang terserah pada pebalap. Ini komitmen selama dua tahun. Ini motor baru. Kami tidak diizinkan menguji dengan pebalap reguler," kata dia.

Beirer mengatakan saat ini tim insinyur berkerjasama dengan tim panguji salah satunya Dai Pedrosa. Mantan pebalap Honda itu punya tugas penting untuk memastikan para pebalap KTM nyaman dengan motornya.

"Tim penguji mengembangkan motor bersama Dani Pedrosa. Itu kemudian diserahkan kepada para pebalap. Pernyataan yang kemudian dibuat cukup pengalaman. Hari berjalan sangat baik. Kami sangat senang itu terjadi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com