Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lorenzo Sebut Pebalap Zaman Now Kurang Berkarakter

Kompas.com - 02/11/2022, 12:31 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Legenda MotoGP Jorge Lorenzo mengatakan MotoGP saat ini kurang "greget" sebab tidak ada tokoh sentral alias pebalap yang punya sosok besar seperti di zamannya.

Seperti diketahui dalam tiga atau empat tahun terakhir telah terjadi perubahan generasi besar di MotoGP. Masa keemasan Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso sudah berganti.

Baca juga: Mengenal Ragam Pelat Nomor Khusus RF dan Peruntukannya

Jorge Lorenzo akan mengikuti balap mobil menggunakan PorscheDok. @jorgelorenzo99 Jorge Lorenzo akan mengikuti balap mobil menggunakan Porsche

Pebalap baru telah mengambil alih ditandai dengan Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia, Joan Mir, Enea Bastianini, Jorge Martin dan beberapa nama lain. Hanya Marc Marquez dan Aleix Espargaro yang masih bersinggungan dengan generasi tua.

Lorenzo, juara dunia MotoGP tiga kali itu mengatakan, semua pebalap dan pabrikan motor saat ini sangat kompetitif tapi khusus pebalap tidak ada yang menonjol.

"Ini sangat kompetitif. Kecuali Honda, semua sepeda motor telah memenangkan balapan. Banyak pebalap yang bertarung di depan, tetapi tidak memiliki pemimpin yang jelas yang menang dengan otoritas," kata dia mengutip Motorsport-Total.com, Rabu (2/11/2022).

Baca juga: Mulai Rp 112 Jutaan, Cek Daftar Harga LCGC November 2022

Perayaan Jorge Lorenzo di Jerez, Spanyol pada tahun 2010..Foto: Tuttomotoriweb.it/ Getty Images Perayaan Jorge Lorenzo di Jerez, Spanyol pada tahun 2010..

"Ini adalah faktor yang memberi arti penting bagi kejuaraan. Ada juga kekurangan penggemar (fans) yang berdiri di belakang pebalap (di tribun). Kamu belum terbiasa dengan mereka," kata dia.

Selain itu Lorenzo juga mengkritisi kurangnya aksi salip-salipan di MotoGP. Motor tambah kencang, perangkat aerodinamika juga makin biasa dipakai tapi aksi pebalap justru berkurang.

"Aerodinamika juga memainkan peran besar, karena mencegah manuver menyalip. Karakternya hilang begitu saja. Pebalap saat ini tidak memiliki karakter seperti empat atau lima pebalap yang kami miliki saat itu," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com