Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Mobil BMW Bekas Perlu Perawatan Khusus?

Kompas.com - 25/10/2022, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesan mewah masih melekat cukup kuat pada nama BMW. Hal tersebut juga berlaku pada mobil-mobil bekas yang beredar di masyarakat.

Meski unit bekas BMW saat ini dibanderol cukup terjangkau, namun masyarakat masih saja beranggapan bahwa mobil ini membutuhkan perawatan khusus, minimal berbeda dengan mobil Jepang.

Pemilik Showroom Als Euro Iqbal, mengatakan perawatan mobil BMW tidak ada yang khusus karena hampir sama dengan mobil-mobil lainnya.

Baca juga: Daftar Harga Mobil BMW Bekas, Mulai Rp 18 Jutaan

 BMW E30 325i station wagoninstagram.com/77rshop BMW E30 325i station wagon

“Sama saja kalau soal perawatan, hampir sama dengan mobil-mobil Jepang, hanya saja karena komponen serta letaknya berbeda hal tersebut membuat kesan BMW butuh perawatan khusus,” ucap Iqbal kepada Kompas.com, Minggu (23/10/2022).

Dia mengatakan memang ada beberapa hal yang berbeda, seperti ketika mengganti air radiator.

“Saat mengganti air radiator, itu perlu dibleeding, jadi kalau ketemu bengkel yang tidak paham dengan hal ini akan membuat mesin mudah bermasalah,” ucap Iqbal.

Baca juga: Station Wagon BMW E30 Seken Dibanderol Rp 1,1 Miliar

BMW 325 2010 dok. Als Euro BMW 325 2010

Dia juga mengatakan servis mobil BMW pada umumnya sama saja meliputi penggantian oli mesin, servis rem, penggantian komponen secara berkala dan lain sebagainya.

Jadi, perawatan mobil BMW sama saja dengan mobil-mobil lainnya. Tata letak serta komponen yang berbeda membuat pemilik BMW perlu memilih bengkel yang kompeten dalam melakukan perawatan agar tidak terjadi kendala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com