Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Bali Operasikan 300 Motor Listrik untuk KTT G20

Kompas.com - 14/10/2022, 09:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Bali akan memanfaatkan 300 unit motor listrik untuk mendukung keamanan jalannya perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, pada November 2022.

Langkah ini menjadi salah satu upaya Polda Bali untuk mendukung komitmen negara-negara anggota G20 untuk transisi ke energi rendah emisi. Motor-motor listrik yang akan digunakan merupakan bantuan dari Lazada dan Smoot, yaitu sebanyak 100 unit, serta 200 uni dari pihak lain.

Nantinya, motor-motor tersebut akan menggunakan sistem pengisian daya tukar baterai atau battery swap, dengan sarana yang sudah tersebar di ratusan titik di Bali, khususnya Badung dan Denpasar. Hal ini disampaikan oleh Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

Baca juga: Honda PCX 150 Mudah Dibobol Maling, Ini Kata AHM

"Jadi, kami tidak perlu menunggu lama, tinggal tukar baterai di tempat tertentu dan bisa go (jalan) lagi," ucap dia seperti dikutip dari NTMC Polri, Kamis (13/10/2022).

Ia melanjutkan, bantuan dari sektor swasta tersebut merupakan bagian dari kolaborasi pengusaha dalam unsur pengamanan.

Sementara itu, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia Phillipe Auberger menjelaskan, bahwa pihaknya saat ini mempertimbangkan permintaan Polda Bali untuk meminjamkan ratusan motor listrik tersebut untuk operasional pengamanan selepas KTT G20.

Kendaraan listrik yang digunakan Polri saat pengamanan KTT G20Doc NTMC Polri Kendaraan listrik yang digunakan Polri saat pengamanan KTT G20

"Kami meminjamkan motor listrik ini secara gratis. Kami akan berdiskusi nantinya (dengan Polda Bali) untuk kemungkinan menempatkan motor listrik ini dalam jangka waktu yang lama," ucap Auberger.

Untuk diketahui, saat ini ada total 616 kendaraan listrik untuk medukung jalannya kegiatan KTT G20. 493 di antaranya merupakan unit mobil untuk para delegasi, sedangkan 123 kendaraan listrik lainnya digunakan untuk pengamanan dan operasional.

Baca juga: Berlaku Sebentar Lagi, Bayar Tol Nirsentuh Pakai Aplikasi di Ponsel

Selain itu, 290 unit motor listrik juga akan digunakan oleh polisi patroli dan pengawalan selama KTT G20 berlangsung.

Untuk mendukung operasional kendaraan listrik, PLN telah menyiapkan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) ultra fast charging yang tersebar di lokasi KTT G20, yaitu The Apurva Kempinski, Central Parking ITDC Nusa Dua, serta tempat-tempat delegasi menginap di Nusa Dua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com