Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Terbaru Toyota Vios DNGA Siap Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 11/10/2022, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) bakal segera merilis versi terbaru dari mobil sedan Toyota Vios.

Kehadiran Vios generasi keempat ini dikabarkan melalui undangan yang diterima redaksi. All New Vios bakal diperkenalkan pada Rabu (12/9/2022).

“PT Toyota-Astra Motor mengundang rekan-rekan media untuk mengikuti acara Media Gathering All New Vios yang akan dilaksanakan pada Rabu, 12 Oktober 2022,” tulis undangan tersebut.

Baca juga: Tips Meminimalisir Budget Saat Konversi Motor Listrik

Terkait detail dan spesifikasi sedan dari Toyota itu tentu akan terungkap pada saat peluncuran.

Seperti diketahui, belum lama ini sempat beredar kabar bahwa Toyota Vios tak lagi diproduksi di pabrik perakitan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat. Situasi ini mencuat usai video perpisahan sejumlah pekerja pabrik yang membawa potongan kertas bertuliskan “Sayonara Vios” mencuat di media sosial.

Toyota ViosPAULTAN.org Toyota Vios

Meski demikian, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, belum mau berkomentar lebih lanjut mengenai kabar penghentian produksi Vios di Indonesia. Namun dirinya juga tidak membantah kabar tersebut.

“Itu hanya medsos, belum ada announcement resmi dari TMMIN,” tulis Bob melalui pesan singkat kepada Kompas.com belum lama ini.

Dengan adanya unggahan tersebut, sontak memunculkan spekulasi bahwa Toyota Vios terbaru tak lagi diproduksi di pabrik TMMIN melainkan didatangkan langsung alias CBU dari Thailand.

Sebagai informasi, Toyota Vios generasi terbaru sudah lebih dulu meluncur di Thailand pada Agustus lalu. Sedan segmen B ini dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Diketahui Vios generasi terbaru ini memiliki dimensi yang lebih besar dari pendahulunya.

Baca juga: Penjelasan Toyota Soal Nasib Toyota Vios di Indonesia

Toyota Yaris Ativ alias Vios generasi terbaruDok. Toyota Thailand Toyota Yaris Ativ alias Vios generasi terbaru

Platform ini juga dipakai pada model seperti Perodua Ativa/Daihatsu Rocky/Toyota Raize serta Perodua Alza/Toyota Avanza dan Veloz/Daihatsu Xenia.

Melihat tampilannya, Vios terbaru terlihat mirip dengan Corolla Altis atau Camry dengan wujud yang lebih besar.

Bicara soal mesin, Vios di Thailand menggunakan mesin bensin 4 silinder 3NR-VE 1.2 liter naturally-aspirated yang menghasilkan 92 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.400 rpm.

Baca juga: Konversi Mobil Listrik Masih Terganjal Harga

Dari segi harga, varian terendah All New Vios di Thailand dijual 539 baht atau setara dengan Rp 226 juta. Sedangkan untuk varian tertinggi dibanderol 698 baht atau setara Rp 289 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com