Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Pemesanan Hyundai Stargazer Kalahkan Toyota Avanza di GIIAS 2022 | Tabrak Truk, Porsche Hangus Terbakar dan Pengemudi Tewas di Tol Jagorawi

Kompas.com - 27/08/2022, 07:08 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 menjadi pembuktian bagi PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) atas model terbarunya, yakni Stargazer. Mobil tersebut berhasil jadi yang terlaris selama GIIAS 2022 berlangsung.

Menurut keterangan resmi dari HMID, Stargazer berhasil meraup ribuan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Tepatnya, ada 1.585 SPK hanya untuk Stargazer. Sedangkan untuk Creta, juga tembus ribuan, yakni 1.191 SPK.

Jumlah tersebut mengalahkan kompetitornya, yakni All New Toyota Avanza. Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) tersebut mendapatkan 926 SPK. Terbanyak kedua dari Toyota adalah Raize dengan 756 SPK.

Sementara itu, baru-baru ini terjadi kecelakaan maut yang menimpa satu unit mobil sport Porsche di Km 42+800 Tol Jagorawi arah Ciawi, Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Porsche tersebut terbakar setelah menabrak bagian belakang truk Mitsubishi Fuso pengangkut pakan ayam, pada Kamis (25/8/2022) malam.

“Betul, jadi di Km 42+800 ada kejadian mobil Porsche yang menabrak bagian belakang truk yang berjalan pelan di lajur 1. Dari keterangan saksi tadi malam kecelakan terjadi karena pengemudi kurang konsentrasi,” ucap Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor AKP Dicky Prananta, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/8/2022).

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada hari Jumat, 26 Agustus 2022.

1. Pemesanan Hyundai Stargazer Kalahkan Toyota Avanza di GIIAS 2022

Toyota AvanzaKompas.com/ApridaMegaNanda Toyota Avanza

Hasil tersebut membuktikan bahwa pamor Stargazer bisa mengalahkan Avanza. Namun, ini hanya di GIIAS 2022 saja, sedangkan untuk penjualan secara nasional, masih dipimpin oleh Avanza.

Menurut data dari Gaikindo di Juli 2022, Toyota Avanza berhasil terjual sebanyak 7.542 unit. Kenaikannya mencapai 1.470 unit, dari sebelumnya 6.172 unit. Sementara Stargazer, terjual sebanyak 500 unit, karena mobilnya juga baru meluncur pada Juli 2022.

Secara fitur, kedua mobil ini bersaing cukup ketat. Masing-masing dilengkapi dengan fitur bantuan pengemudi. Dilihat dari segi harga, Avanza dan Stargazer juga tipis bedanya.

Baca juga: Pemesanan Hyundai Stargazer Kalahkan Toyota Avanza di GIIAS 2022

2. Tabrak Truk, Porsche Hangus Terbakar dan Pengemudi Tewas di Tol Jagorawi

Sebuah mobil mewah jenis Porsche ludes terbakar di KM 42+800 Tol Jagorawi arah Ciawi, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/8/2022) pukul 21.30 WIB. Mobil tersebut diketahui terbakar usai menabrak bagian belakang truk saat tengah melaju dari arah Jakarta menuju CiawiKOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sebuah mobil mewah jenis Porsche ludes terbakar di KM 42+800 Tol Jagorawi arah Ciawi, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/8/2022) pukul 21.30 WIB. Mobil tersebut diketahui terbakar usai menabrak bagian belakang truk saat tengah melaju dari arah Jakarta menuju Ciawi

Berdasarkan keterangan, mobil Porsche tersebut melaju dengan kecepatan tinggi. Pengemudi tidak bisa mengendalikan mobil tersebut dan langsung menabrak bagian belakang truk hingga terbakar.

Akibat kejadian tersebut, pengemudi mobil Porsche yang terlibat kecelakaan dengan truk ditemukan tewas karena terperangkap di dalam mobil.

Hilangnya konsentrasi saat berkendara memang bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakan. Untuk itu pengemudi dituntut untuk selalu tetap fokus dan memperhatikan beberapa hal.

Baca juga: Tabrak Truk, Porsche Hangus Terbakar dan Pengemudi Tewas di Tol Jagorawi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com