Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Apakah Boleh Menunjukan Foto SIM di Ponsel Saat Kena Razia? | Tanpa Seremoni, Toyota Calya Baru Hadir Lebih Sporty dan Modern

Kompas.com - 08/07/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berperan sebagai bukti identitas dan kompetensi syarat berkendara, Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki pengendara kendaraan bermotor.

Maka dari itu, penting untuk selalu membawa SIM saat berkendara. Namun, lupa membawa SIM kerap terjadi pada beberapa pengendara. Alhasil, petugas di lapangan akan memberikan sanksi hukum berupa tilang.

Pada situasi terdesak, pengemudi kerap menunjukkan foto SIM dari galeri ponsel sebagai bukti. Lalu apakah cara ini bisa menghindari tilang?

Selain itu, Tanpa seremoni secara langsung, PT Toyota Astra Motor (TAM) melakuan pembaruan pada model Calya yang merupakan produk unggulan di dalam segmen Entry Multi Purpose Vehicle (MPV) alias mobil keluarga murah.

Langkah tersebut, dalam upaya perseroan memenuhi kebutuhan mobilitas sehari-hari masyarakat Indonesia yang aktif dan dinamis dengan nuansa sporty, modern, serta nyaman mengikuti perkembangan zaman.

“New Calya merupakan wujud komitmen Toyota untuk menghadirkan ever-better cars yang sesuai kebutuhan pelanggan," kata Vice President Director PT TAM Henry Tanoto dalam keterangannya, Kamis (7/7/2022). 


Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 8 Juni 2022 :

1. Apakah Boleh Menunjukan Foto SIM di Ponsel Saat Kena Razia?

Kepala Subdirekorat Pembinaan dan Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam mengatakan, jika tindakan tersebut ternyata tidak diperbolehkan.

Pasalnya SIM dilengkapi dengan cip atau media penyimpanan data. Jadi apabila petugas ragu atas identitas pengemudi, langsung bisa dilakukan pengecekkan menggunakan alat khusus.

Baca juga: Apakah Boleh Menunjukan Foto SIM di Ponsel Saat Kena Razia?


2. Tanpa Seremoni, Toyota Calya Baru Hadir Lebih Sporty dan Modern

New Toyota CalyaKOMPAS.com/Ruly New Toyota Calya


"Kami melakukan sentuhan penyegaran pada beberapa aspek eksterior dan interior Entry MPV ini supaya dapat meningkatkan value-nya sebagai mobil keluarga yang sporty, dinamis, dan modern," lanjutnya.

Di samping itu, keunggulan fungsionalitas di produk LCGC tersebut juga tetap dipertahankan seperti kabin lapang dan praktis, fitur kenyamanan dan keamanan lengkap, serta mesin canggih yang efisien.

Pasalnya, dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan, mobil sangat pas untuk pasar dalam negeri. Sehingga diharapkan New Calya bisa melanjutkan kesuksesan pedahulunya bagi pasar MPV murah.

Baca juga: Tanpa Seremoni, Toyota Calya Baru Hadir Lebih Sporty dan Modern

3. Pilihan SUV Murah di Bawah Rp 250 Juta

Daihatsu Rocky 1.0LKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky 1.0L

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com