Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Balap Nissan Z Tenggak Bahan Bakar Khusus, Ramah Lingkungan

Kompas.com - 08/06/2022, 15:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan secara resmi mengumumkan akan mengikuti ajang balap ketahanan Fuji 24 Hour Race, dengan menggunakan Nissan Z. Namun, yang menarik adalah bahan bakarnya.

Dikutip dari Motor1.com, Rabu (8/6/2022), ada dua mobil balap konsep Nissan Z yang diturunkan, yakni mobil yang disebut 230 dan 244. Untuk mobil 244, ditenagai mesin bensin dan digunakan oleh Max Racing Team.

Baca juga: Nissan Berencana Luncurkan Mobil Listrik Lagi di Indonesia

Sedangkan untuk mobil 230, akan digunakan oleh tim Nismo. Namun, yang menarik perhatian adalah bahan bakar yang digunakan. Mesin tersebut kompatibel dengan bahan bakar kabron netral atau Carbon Neutral Fuel (CNF).

Mobil balap konsep Nissan Z dengan bahan bakar karbon netral atau Carbon Neutral Fuel (CNF)Dok. Motor1.com Mobil balap konsep Nissan Z dengan bahan bakar karbon netral atau Carbon Neutral Fuel (CNF)

Nissan Z 230 sangat penting, karena Nismo akan menerapkan apa yang akan dipelajari tentang powertrain yang sesuai dengan CNF. Sebab, teknologi tersebut nantinya akan diterapkan untuk pengembangan Nissan di masa depan.

Hal ini sejalan dengan tujuan Nissan untuk netralitas karbon pada 2050, termasuk dalam olahraga balap. Pengembangan mesin yang kompatibel dengan CNF ditargetkan dapat digunakan untuk balap mobil di masa depan.

Baca juga: Nissan Optimistis Mobil Listrik Semakin Diterima di Indonesia

Soal lingkungan dan elektrifikasi, Nissan memang tidak main-main. Bahkan, Nissan menjadi satu-satunya pabrikan mobil asal Jepang yang mengikuti ajang balap mobil listrik ABB FIA Formula World Championship.

"Kami adalah pabrikan Jepang pertama dan satu-satunya yang memasuki Kejuaraan Dunia Formula E. Partisipasi mobil Nissan Z Racing Concept dalam balapan ini akan membawa banyak pembelajaran berharga untuk mengembangkan mesin kompetitif yang kompatibel dengan bahan bakar karbon netral," ungkap Ashwani Gupta, Chief Operating Officer Nissan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com