Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Litha & Co Tambah Bus Suites Class dengan Sasis Premium

Kompas.com - 01/06/2022, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Laksana kembali meluncurkan bus baru dengan bodi super mewah. Kali ini, bus bertajuk Legacy SR2 Suites Class ini berbalut livery PO Litha & Co asal Sulawesi.

Sebelumnya, Litha & Co juga pernah mengambil unit dengan bodi yang serupa. Nampaknya tambahan bodi baru ini untuk melayani penumpang di Sulawesi yang menyukai bus dengan kabin super nyaman.

Suites Class adalah bodi bus besar dari Laksana dengan kabin yang nyaman. Dari bus yang panjangnya 12 meter sampai 12,8 meter, hanya diisi 22 sampai 24 penumpang saja.

Baca juga: Bagi Pengemudi Pemula, Begini Cara Atasi Mobil Gagal Menanjak

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Jumlah penumpang yang terbatas membuat kabin bisa diisi dengan bangku model selonjoran. Jadi selama perjalanan, penumpang bisa tetap nyaman walaupun menghabiskan beberapa jam.

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, spesifikasi bus Suites Class milik PO Litha & Co ini sebenarnya cukup standar, bahkan tidak memakai sistem AVOD.

"Speknya standar saja, tanpa AVOD juga. Bangkunya juga ada 24 karena tidak memakai toilet," ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (31/5/2022).

Baca juga: Perang Rusia dan Lockdown Turut Memengaruhi Karoseri Pembuat Bodi Bus


Bangku tanpa AVOD ini membuat penumpang bisa fokus untuk beristirahat selama perjalanan. Apalagi sasis yang digunakan adalah Mercedes Benz 1836, sudah dilengkapi dengan suspensi udara yang nyaman dan senyap.

Selain itu, di kabinnya juga tidak ditambah toilet, sehingga mencegah ada bau yang kurang sedap di kabin jika toiletnya kotor. Tentu saja bau tadi bisa membuat penumpang kurang nyaman selama perjalanan.

Sedikit bahas eksteriornya, bodi Suites Class Litha & Co tidak menggunakan model baru atau Panorama. Sehingga bagian depannya terlihat lebih elegan dengan model fog lamp S Series.

Livery yang digunakan juga tidak kalah menarik. Bodi putih bus ini ditambah dengan aksen-aksen batik yang menambah spesial tampilan eksterior Suites Class.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com