Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diterapkan Bulan Depan, Tidak Ada Biaya Saat Ganti Pelat Nomor Putih

Kompas.com - 23/05/2022, 10:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Penerapan pergantian warna dasar tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau pelat nomor dari warna hitam ke putih akan dimulai pada Juni 2022.

Dalam pelaksanaan tahap awal, masih banyak mempertanyakan tarif penggantian jenis pelat nomor tersebut.

Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus memastikan jika pergantian pelat nomor baru tidak dikenakan tarif patokan alias gratis.

Baca juga: Alasan Kenapa Lampu Belakang Truk Tampil Sederhana

“Tidak ada biaya pergantian untuk mengganti ke pelat nomor dari pelat nomor hitam ke pelat nomor warna putih," katanya saat dihubungi, Minggu (22/5/2022).

Program pelat nomor kendaraan dengan warna dasar putih sejalan dengan proses lelang pengadaan pelat putih yang sudah selesai dilaksanakan.

Adapun perubahan pelat nomor menjadi warna putih guna memuluskan pelaksanaan efektivitas ETLE. Pemilihan pelat nomor kendaraan warna dasar putih dengan tulisan hitam akan lebih mudah terbaca oleh kamera pengawas di jalan.

Tangkapan layar unggahan sepeda motor dengan pelat nomor putih tulisan hitam yang ramai di media sosial.FACEBOOK Tangkapan layar unggahan sepeda motor dengan pelat nomor putih tulisan hitam yang ramai di media sosial.

Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Taslim Chairuddin mengatakan pemilik kendaraan hanya perlu membayar pajak lima tahunan seperti biasa untuk mendapat pelat putih.

Baca juga: Aturan Modifikasi Lampu Belakang Mobil, Tak Boleh Asal Ganti Warna

Tidak hanya itu saja, pergantian pelat putih akan dilakukan secara bertahap. Maka, untuk kendaraan pelat hitam yang masa berlakunya belum habis di tahun ini tidak perlu melakukan pergantian pelat putih.

“Alasan pergantian pelat tidak bisa serempak karena adanya perbedaan masa berlaku TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor),” kata Taslim.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com