Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman dan Nyaman buat yang Pertama Kali Naik Bus AKAP

Kompas.com - 18/05/2022, 14:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus Antar Kota Antar Provinsi di Indonesia saat ini sudah semakin nyaman. Apalagi bus yang ditawarkan juga ada yang mewah, menjadi menarik untuk dicoba.

Bagi pemula, naik bus bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tapi jangan sampai ketika pertama kali mencobanya, malah merasa tidak nyaman karena berbagai hal.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya akan memberikan beberapa tips untuk orang yang pertama kali mau mencoba naik bus AKAP.

Baca juga: Tips Memilih Bus Pariwisata yang Aman dan Nyaman

Bus AKAP baru PO Sinar JayaDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Sinar Jaya

Pertama, untuk cari informasi mengenai bus dan tujuannya, bisa minta referensi dari teman atau saudara. Kalau mau aman, bisa memili PO bus yang sudah dikenal.

"Kemudian pastikan sudah punya tiket. Gunakan aplikasi pesan tiket online jika lokasi tempat tinggal berjauhan dengan agen keberangkatan," ucap Dimas kepada Kompas.com, Rabu (18/5/2022).

Jika bingung memilih bus apa yang mau dinaiki, bisa browsing di internet atau Youtube. Jadi bisa melakukan komparasi antar PO bus mengenai armada serta fasilitas yang ditawarkan.

Baca juga: Pemesanan All New Honda HR-V Tembus 8.000 Unit, Inden Panjang

"Kemudian kalau masih sering mabuk perjalanan pilih kursi deretan tengah bus, karena goyangan lebih minim. Bisa juga bisa milih yang dekat jendela," kata Dimas.

Agar semakin nyaman, rencanakan perjalanan paling tidak seminggu sebelum keberangkatan. Jangan lupa bawa obat-obatan sesuai kondisi badan, dan cemilan secukupnya.

"Selain itu kalau menonton review lewat Youtube, bisa estimasi kapan akan diberikan servis makan malam," ucap Dimas.

Mengingat untuk perjalanan bus AKAP yang malam, tidak jarang servis makan baru diberikan saat tengah malam. Jadi sebelum naik bus, pastikan membawa bekal juga agar tidak kelaparan selama perjalanan.

"Kalau sering beser atau pergi ke toilet, pilih tempat bangku yang dekat dengan lorong. Gunakan kesempatan baik di rest area ataupun di SPBU untuk ke toilet," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com