Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suhu Panas Indonesia, Jangan Salah Pilih Kaca Film buat Mobil

Kompas.com - 11/05/2022, 15:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia sedang dilanda panas terik belakangan ini. Untuk mengantisipasinya, bisa dengan menggunakan kaca film yang tepat.

Kaca film pada mobil bukan hanya berfungsi sebagai aksesori. Kaca film berfungsi memberikan ruang privasi di dalam mobil.

Baca juga: Cara Unik Pebalap Atasi Cuaca Panas Sirkuit Mandalika

Selain itu, fungsi penting lainnya adalah mampu meredam sinar matahari yang masuk dan membuat area kabin lebih sejuk.

pasang kaca filmKompas.com/Fathan Radityasani pasang kaca film

Sayangnya, sering kali orang-orang beranggapan bahwa memasang kaca film yang semakin gelap akan membuat panas matahari dapat terhalang.

Sehingga, kabin akan terasa lebih sejuk. Padahal, anggapan tersebut sebenarnya salah.

Menurut CEO Masterpiece Window Film Christopher, paradigma bahwa kaca film semakin gelap bisa membuat kabin mobil semakin adem itu adalah mitos kuno yang salah.

Baca juga: Cuaca Panas dan Hujan Tak Menentu, Jangan Lupa Cek Air Wiper

Kemampuan kaca film untuk menolak panas bukan ditentukan oleh gelap terangnya kaca film tapi ditentukan oleh spek bahan kaca film.

kaca film v-koolv-kool kaca film v-kool

“Contoh untuk kaca film yang berbahan dyed film pasti tidak dapat membuat kabin adem karena kaca film tersebut fungsinya hanya untuk gelap saja secara visibilitas, dan tidak ada kemampuan untuk menolak panas sinar matahari,” ujar Christopher, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Christopher mengatakan, bahan kaca film yang mampu menolak panas salah satunya adalah kaca film berbahan sputtered film.

kaca film v-koolv-kool kaca film v-kool

“Kaca film bahan tersebut mempunyai tipe yang clear atau bening, tapi mampu menolak sinar ultraviolet dan infared sampai 99 persen, otomatis hal ini dapat membuat kabin adem,” kata Christopher.

Christopher menjelaskan, yang utama adalah kandungannya. Sehingga, sering juga ada kaca film yang terlihat terang atau bahkan bening, namun di dalam kabin tetap adem. Sebab, kualitas material yang digunakan pada kandungannya sangat baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com