Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik ke NTB Mulai Banyak, 1.310 Kendaraan Masuk Pulau Lombok

Kompas.com - 29/04/2022, 09:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat memprediksi, pemudik yang masuk ke NTB selama Lebaran 2022 mencapai 2,5 juta orang.

"Prediksi kita akan ada 2,5 juta orang akan masuk ke NTB. Ini sudah mulai terlihat dari pergerakan arus mudik dalam dua hari terakhir," ucap Kepala Bidang Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, seperti dikutip Kompas Regional, Kamis (28/4/2022).

Artanto menjelaskan, hasil pantauan Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda NTB di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB menunjukkan bahwa arus mudik mulai terlihat sejak dua hari terakhir.

Baca juga: Mudik Jakarta-Solo, Segini Tarif Tol yang Harus Disiapkan

Kemudian, per Rabu (27/4/2022) tercatat sebanyak 1.310 unit kendaraan sudah memasuki Pulau Lombok, NTB melalui Pelabuhan Lembar, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Sehingga bisa dikatakan sudah ada peningkatan arus mudik tahun ini yang cukup signifikan," ucap Artanto.

Jumlah ini dikatakan meningkat sebesar 701 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama di bulan puasa tahun lalu.

Pelabuhan Lembar Lombok Barat, Kamis (18/4/2022) masih normal di pintu masuk pelabuhan. Nampak sejumlah kendaraan antre untuk membeli tiket di loket tiket pelabuhan. Diprediksi peningkatan kedatangan pemudik akan terjadi Jum'at hingga Senin mendatang.FITRI R Pelabuhan Lembar Lombok Barat, Kamis (18/4/2022) masih normal di pintu masuk pelabuhan. Nampak sejumlah kendaraan antre untuk membeli tiket di loket tiket pelabuhan. Diprediksi peningkatan kedatangan pemudik akan terjadi Jum'at hingga Senin mendatang.

Baca juga: Daftar Nomor Telepon Penting Saat Mengalami Kondisi Darurat di Jalan Tol

Guna mengantisipasi terjadinya gangguan selama mudik, Polda NTB telah menyiapkan 35 pos di berbagai titik yang tersebar di seluruh polres jajaran Polda NTB, untuk mengatur arus lalu lintas dan menjaga kelancaran arus mudik.

"Pengamanan juga dilaksanakan dengan tetap mengawasi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 sesuai dengan amanah Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo," ucap Artanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com