Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengendarai Mobil Pakai Roof Box untuk Mudik Wajib Ekstrahati-hati

Kompas.com - 05/04/2022, 12:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS. com— Mudik melekat dengan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat akan lebaran. Tradisi ini tidak dapat terlepas dari perjalanan jauh menuju kampung halaman.

Perjalanan menggunakan mobil kerap dilakukan oleh banyak orang untuk mudik. Agar mudik tetap aman dan nyaman selama berkendara, beberapa pemilik mobil menyematkan beberapa aksesoris pendukung.

Baca juga: Punya Smart Cruise Control, Hyundai Ioniq 5 Masuk dalam Jenis Otonom?

Roof box masih menjadi aksesoris mobil yang penting pendukung perjalanan mudik. Penyematan roof box pada bagian atas mobil dapat membantu menjadi bagasi kedua saat membawa banyak barang.

Oleh karena itu, pada saat mudik di mana membawa muatan berlebih akan sangat terbantu dengan adanya roof box.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, tapi jangan pernah melupakan sisi keamanan dan keselamatan penggunaan roof box pada mobil dalam perjalanan jauh.

Roof Box Whale Carrier(whalecarrier.com)
janlika Roof Box Whale Carrier(whalecarrier.com)

“Dari perspektif keamanan dan performa mobil, akan mengalami penurunan (performa) jika kendaraan digunakan pada kecepatan tinggi,” kata Jusri baru-baru ini pada Kompas.com.

Itu artinya, saat mengendarai mobil dengan muatan lebih banyak atau disematkan roof box harus lebih ekstra berhati-hati. Pada saat disematkan aksesoris ini, muatan mobil akan bertambah berat.

Performa mobil akan menurun seiring dengan beban yang bertambah. Apabila mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi akan sangat berbahaya.

Baca juga: Berkah Lempar Helm di Mandalika, Aleix Menang di Argentina

Akan tetapi masih banyak pemilik mobil dengan muatan roof box yang tetapi melajukan mobilnya dengan kecepatan seolah sedang mengendarai mobil tanpa muatan lebih.

Padahal, beban mesin jadi lebih berat, level stres pada ban membesar, belum lagi kemampuan rem mobil pasti berkurang. Kondisi ini sangat berbahaya kalau menghadapi kondisi darurat. Kelincahan mobil dengan beban lebih berat akan berkurang.

Maka dari itu Jusri menyarankan agar mudik sebaiknya tidak membawa barang terlalu banyak yang dapat mengganggu kenyamanan berkendara. Mobil muatan sedikit akan membuat perjalanan mudik lebih nyaman. Setiap roof box juga punya kapasitas daya angkut masing-masing. Jangan melebihi kemampuan tampungnya.

“Tidak ada salahnya mengirim barang belalui jasa paket kepada sanak suadara yang ingi dikujungi. Dengan begitu pemilik mobil tidak perlu mambawa banyak barang saat perjalanan mudik yang dan tidak perlu menggunakan roof box,” kata Jusri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com