Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Panjang Hadirnya Toyota Innova EV di Indonesia

Kompas.com - 03/04/2022, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Kijang Innova EV Concept sudah dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Walaupun cuma mejeng sehari, Innova EV diklaim mendapatkan respon yang luar biasa.

Pada dasarnya, Innova EV Concept adalah study car, alias model studi kendaraan listrik di Indonesia. Untuk saat ini, model yang digunakan sebagai basisnya adalah Innova Venturer.

Jadi mesin konvensionalnya diganti dengan baterai listrik dan motor listrik. Kemudian tenaga tadi masih disalurkan ke roda belakang, layaknya Innova yang sering ditemui di jalan.

Baca juga: Alasan Toyota Indonesia Pilih Teknologi Elektrifikasi pada Kijang Innova

Menko Perekonomian Airlangga Mencoba Innova EVKOMPAS.com - Fathan Menko Perekonomian Airlangga Mencoba Innova EV

Lalu, apakah wujud dari kendaraan listrik hasil studi Toyota Indonesia ini akan segera mengaspal di Indonesia?

Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, proses dari apa yang sudah ditampilkan (Innova EV) menuju jalur produksi sebenarnya masih banyak.

"Tergantung banyak hal, dari kondisi market, kondisi Indonesianya sendiri, total visibility dari production-nya," ucap Anton di Jakarta, Jumat (31/3/2022).

Baca juga: Honda HR-V SE Curi Perhatian di IIMS 2022, Intip Spesifikasinya

Kemudian Toyota juga menginginkan untuk memperkenalkan produk elektrifikasi. Jika memang responnya bagus dari masyarakat, Toyota bisa bilang ke principal di Jepang untuk melaporkannya.

"Pasti kita akan komunikasi ke principal kalau ini animonya memang luar biasa," ucap Anton.

Untuk unit Innova EV sendiri yang dipamerkan di IIMS 2022, sudah dalam tahap kendaraan konsep yang bisa berjalan. Bahkan saat pembukaan, salah satu unit Kijang Innova EV dicoba oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Toyota Indonesia sudah memiliki lima unit Kijang Innova EV Concept Car yang dipamerkan kali pertama di helatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com