Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Bangun Fasilitas Wind Tunnel, Kucurkan Dana Rp 1,7 Triliun

Kompas.com - 26/03/2022, 12:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mengembangkan mobil balap Formula 1 (F1), salah satu faktor terpenting adalah aerodinamikanya. Untuk itu, Honda membangun fasilitas wind tunnel.

Dengan menghabiskan biaya sebesar Rp 1,7 triliun, fasilitas tersebut sudah resmi dibuka. Tujuan dari pembuatan fasilitas ini menurut Honda untuk era baru pengembangan kemampuan pengetesan umtuk produk Honda dan Acura.

Baca juga: Baru Meluncur, All New Honda HR-V Catat SPK 1.265 Unit

Dikutip dari Carbuzz.com, Sabtu (26/3/2022), fasilitas tersebut didirikan di Ohio, Amerika Serikat, dengan nama Honda Automotive Laboratories of Ohio (HALO). Terowongannya sendiri untuk saat ini belum diberi nama.

Fasilitas wind tunnel HondaDok. Carbuzz.com Fasilitas wind tunnel Honda

Namun, Honda mengklaim bahwa fasilitas ini yang paling canggih di dunia. Wind tunnel tersebut memiliki tiga fungsi terpisah, yakni aerodinamika, aeroakustik, dan balap.

Selain itu Honda juga menyebutkan fasilitas wind tunnel ini untuk memperkuat komitmen perusahaan terhadap efisiensi bahan bakar dan kendaraan yang menyenangkan dikendarai.

Baca juga: New Honda Genio Resmi Meluncur di Jawa Barat

Kipas yang menjadi salah satu komponen penting wind tunnel ini disebut dapat berputar hingga kecepatan 309 km/jam. Selain itu, dilengkapi juga dengan sistem five-belt rolling road yang bisa digunakan untuk pengetesan lebih banyak kendaraan pejalan kaki.

Fasilitas wind tunnel HondaDok. Carbuzz.com Fasilitas wind tunnel Honda

Untuk aerodinamika, seperti yang banyak diketahui orang, berguna dalam mengembangkan mobil dengan desain yang rendah hambatan anginnya.

Namun, untuk aeroakustik cukup menarik. Honda bisa menggunakannya untuk mengetes seberapa keras suara yang dihasilkan mobil ketika memasuki terowongan atau saat kecepatan tinggi, termasuk mengetes kekedapan kabinnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com