Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Ngebut, Berkendara di Cuaca Ekstrem Rawan Kecelakaan

Kompas.com - 26/03/2022, 10:22 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi cuaca sulit diprediksi saat ini, terkadang panas lantas berselang hujan deras. Ada saatnya ketika hujan lebat diikuti embusan angin kencang dan halilintar, kalau cuaca sudah ekstrem seperti ini, pengguna motor wajib ekstra hati-hati.

Saat cuaca mulai berangin, ada berbagai potensi bahaya yang bisa terjadi pada pengguna jalan. Banyak kecelakaan terjadi akibat objek terjatuh karena terpaan angin, seperti dahan pohon dan papan reklame yang jatuh ke area jalan.

Baca juga: Video Viral Pemotor Ribut dengan Pengendara Mobil di JLNT Casablanca

Kejadian serupa kembali terjadi di Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada Jumat (25/3/2022) siang. Dahan pohon menimpa bagian belakang sebuah motor yang sedang melaju. Beruntung, pemotor tersebut hanya mengalami luka ringan.

Dahan tersebut jatuh menimpa bagian belakang sepeda motor dan tidak mengenai tubuh pengendara. Namun, kejadian tersebut cukup membuat motor menjadi oleng dan hilang keseimbangan, hingga pengendara jatuh.

"Saya kira cabang pohonnya yang menimpa boks, sehingga boks sepeda motor korban korban rusak. Lalu korban kehilangan kehilangan keseimbangan dan jatuh," ujar Kapolsek Srengat Kompol Yusuf seperti dikutip Kompas Regional.

Agar bisa terhindar dari potensi bahaya seperti pohon tumbang, ada beberapa tindakan antisipasi yang bisa dilakukan sebelum berkendara sepeda motor.

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.GAS2.org Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.

"Kita bisa memantau kondisi dan cuaca dari smartphone. Bila memang situasinya dikabarkan akan ada hujan lebat dan potensi angin kencang, lebih baik tunda perjalanan tersebut. Ini kita bicara dari sisi safety, artinya lebih ke pencegahan," jelas Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Ia menjelaskan, objek yang terjatuh dan tidak terduga sebenarnya tidak hanya pohon, tetapi bisa juga tiang listrik ataupun papa reklame yang terpasang di pinggir jalan.

Jika terlanjut melanjutkan perjalanan namun cuaca tiba-tiba berubah, penngendara motor disarankan untuk berteduh dan tidak memaksakan berkendara.

Bahaya lain yang mengintai saat berkendara di keadaan cuaca hujan dan berangin adalah licinnya jalan, serta menurunnya visibilitas pemotor maupun pengguna jalan lain, meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan. Sehingga, jika tidak terpaksa, sebaiknya pemotor berteduh sampai cuaca membaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com