Ulik Desain Eksterior Toyota Hilux, Kental Gaya Amerika

Kompas.com - 10/03/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Indonesia akhirnya meluncurkan Hilux facelift edisi terakhir yang sebelumnya tidak masuk ke pasar. Pikap kabin ganda ini memang basis produksinya di Thailand, dipasarkan dengan sebutan Hilux Revo.

Walaupun begitu, facelift terkahir yang diluncurkan tahun 2020 di Indonesia ini akhirnya sama dengan apa yang ditawarkan di negara gajah putih. Redaksi Kompas.com baru saja menerima unit pinjaman Hilux tipe V dengan banderol Rp 491,35 juta.

Jika mengulik bagian eksterior dari Hilux, ubahan paling banyak ada di bagian depan dibandingkan pendahulunya.

Baca juga: Toyota Hilux GR Sport Versi JDM, Jadi Mirip Land Cruiser


Bagian depan Hilux punya tampilan yang makin garang. Bisa dilihat mulai dari sistem penerangan, gril, sampai bumper sudah berubah jadi lebih ganteng, bahkan terlihat seperti truk pikap tanggung di Amerika.

Sekilas dari garis desainnya, terlihat tampang Toyota Tundra yang dipasarkan di Amerika Serikat.

Soal lampu depan, sudah full LED mulai dari lampu senja, lampu utama, high beam, sampai sein. Selain itu, fog lamp Hilux ini sudah LED, dibungkus dengan rumah lampu kabut yang baru dengan bentuk memanjang ke atas dengan aksen krom.

Selain sistem pencahayaan di depan, model gril baru punya peranan yang tidak kalah penting terhadap menampilannya. Gril diganti dengan model trapesium berukuran besar, berwarna hitam glossy dengan aksen krom yang mengelilinginya.

Pelek Toyota Hilux FaceliftKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Pelek Toyota Hilux Facelift

Beralih ke bagian samping, secara keseluruhan tidak banyak ubahan yang dilakukan. Paling kentara adalah model pelek yang baru dengan ukuran 17 inci dan dikelir gun metal, memberi kesan sporty.

Pada bagian samping ini juga ada foot step yang berfungsi sebagai pijakan kaki saat mau masuk ke kabin. Materialnya terbuat dari rangka besi yang dibungkus dengan plastik keras berwarna hitam.

Selain memudahkan akses masuk ke kabin, foot step ini juga melindungi bagian tengah bodi saat diajak off road. Wheelbase Hilux yang cukup panjang (3,085 meter) membuat bagian tengah sering tersangkut saat di ujung tanjakan, jadi bodi tetap terlindungi foot step.

Baca juga: Nekat Lawan Arah Saat Macet, Toyota Calya Dipaksa Jalan Mundur

Toyota Hilux FaceliftKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota Hilux Facelift

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.