Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Parkir Seri Teknik Mundur untuk Pengemudi Pemula

Kompas.com - 20/02/2022, 10:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir mobil bisa menjadi musuh besar bagi sebagian pengemudi. Meski terlihat sepele, kadang hal tersebut bisa menjadi masalah apabila pengemudi tidak mahir melakukannya.

Hal ini juga tentu berlaku bagi pengemudi yang baru belajar mengendarai mobil. Biasanya mereka akan kesulitan ketika memarkir kendaraannya, terutama jika dihadapkan dengan kondisi parkir seri serta dua mobil yang menghimpit ruang parkir tersebut.

Salah satu akun tiktok bernama @arivigoes717 membagikan trik parkir seri bagi pengemudi yang baru belajar mobil.

Baca juga: Agar Lebih Aman, Lakukan Ini Saat Parkir Mobil Matik di Tanjakan

Dalam video tersebut dijelaskan bagaimana caranya agar pengemudi bisa dengan mudah mendapatkan posisi parkir seri yang sesuai tanpa menyerempet mobil yang sedang parkir di sebelahnya.

@arivirgoes717

 

? suara asli - KYC@Arivirgoes????????

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, seorang pengemudi harus memiliki kemampuan spasial untuk dapat mengemudikan kendaraan dengan baik dan benar, terutama saat parkir.

“Kalau kondisi dan situasi seperti dalam video tersebut, trik seperti itu bisa saja dilakukan. Namun, di kondisi real (nyata) tidak semua lingkungan seperti itu,” ucap Marcell saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/2/2022).

Namun Marcell menegaskan, ketika parkir seri diwajibkan posisi kepala menghadap ke jalan (parkir mundur).

“Karena bila di gedung tersebut terjadi kondisi darurat seperti kebakaran atau gempa bumi, kendaraan yang parkirnya mundur akan lebih mudah untuk keluar, dan kebalikannya dengan kendaraan yang parkirnya maju,” ucap Marcell.

Ilustrasi parkir.Thinkstock Ilustrasi parkir.

Dilansir dari Youtube RDC, ada beberapa tips yang bisa memudahkan pengemudi ketika parkir seri dengan kepala menghadap ke jalan.

Pertama, sejajarkan pilar B dengan garis parkir di sebelah kanan, kemudian belokan kemudi menjauh dari ruang parkir. Selanjutnya, majukan mobil ke depan hingga pilar D sejajar dengan garis parkir sebelah kanan.

Putar kemudi ke arah kanan, dan mundurkan kendaraan ke arah ruang parkir. Hentikan kendaraan saat bodi mobil telah lurus, lalu luruskan arah kemudi dan mundurkan kendaraan secara perlahan ke ruang parkir.

Baca juga: Lihat Mewahnya Kabin Bus Bintang Katulistiwa

Selalu perhatikan spion kiri dan kanan saat akan melakukan parkir, dan jangan ragu untuk mengulang (maju-mundur) apabila posisi parkir belum lurus.

Bahkan, jangan sungkan untuk sekedar turun dari mobil untuk memastikan situasi di belakang benar-benar aman. Sebab dengan melihat langsung, pengemudi memiliki patokan yang pas untuk mengukur lebar kiri, kanan dan belakang mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com