Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tugas Penting Kernet Bus Selama Perjalanan

Kompas.com - 07/02/2022, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika melakukan perjalanan dengan bus, baik antar kota maupun pariwisata, biasanya pengemudi ditemani oleh satu atau dua kru, atau biasa disebut juga dengan kernet.

Salah satu alasan kenapa pengemudi bus harus ditemani kernet adalah dimensi bus yang besar dan panjang. Pengemudi bus punya keterbatasan untuk melihat keseluruhan bus dari kabin, oleh karena itu, dibutuhkan kernet.

Kernet ya untuk memberi aba-aba parkir atau memantau sisi kiri bus,” kata Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Alasan PO Bus Minta Bodi dengan Pintu di Tengah

Kernet bustribunnews.com Kernet bus

Selain itu, pada bus AKAP, kernet memiliki tugas untuk memeriksa jumlah penumpang yang ada di kabin. Kernet juga diusahakan bisa membantu pengemudi untuk melakukan perbaikan dan perawatan bus.

“Memelihara kendaraannya meliputi membersihkan bus bagian dalam dan luar, mengecek air aki, radiator, wiper, oli, dan fungsi lampu,” ucap Anthony.

Baca juga: Ini Tol Terpendek yang Ada di Indonesia, Hanya 2,65 km

Selain itu, menurut Dimas Raditya, Anggota Forum Bismania Indonesia, kernet bisa berperan layaknya pramugara atau pramugari di maskapai penerbangan.

“Setau saya yang utama yaitu melayani penumpang, mengecek daftar penumpang, bagasi dan sebagainya. Bisa dibilang seperti pramugara atau pramugari,” kata Dimas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com