Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Bus di Bantul, Begini Tips Aman Pilih Bus Pariwisata

Kompas.com - 07/02/2022, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini, kembali terjadi kecelakaan maut di Indonesia. Bus pariwisata GA Trans mengalami kecelakaan tunggal di Bantul, Yogyakarta, tepatnya di daerah Bukit Bego, Minggu (6/2/2022).

Pada kecelakaan tersebut, 13 orang meninggal dunia dan 34 lainnya mengalami luka-luka. Dikutip dari Kompas Regional, Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Bantul Iptu Maryanta menduga kalau pengemudi tidak menguasai medan yang dilewati.

"Dugaan tidak menguasai medan. Untuk rem kami pastikan fungsi atau tidak nantinya, apakah rem kurang maksimal kami juga perlu melakukan penyelidikan," ucap dia.

Baca juga: Lebih Ekstrem dari Sitinjau Lauik, Detik-detik Bus AKAP Lewati Likuan Endikat

Bus yang terjun ke jurang sedalam lebih kurang 10 meter di Tanjakan Cae, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (11/3/2021).KOMPAS.com/AAM AMINULLAH Bus yang terjun ke jurang sedalam lebih kurang 10 meter di Tanjakan Cae, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (11/3/2021).

Memang ketika menyewa bus pariwisata, penumpang bisa turut menentukan ingin lewat mana. Namun, perlu dipahami, pengemudi bus juga harus memahami jalanan yang akan dilewati.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, ada beberapa tips yang bisa digunakan ketika ingin memilih bus pariwisata. Pertama adalah track record dari PO bus dan pengalaman pengemudinya.

“Biasanya dari track record, drivernya pengalaman atau tidak. Lalu tanya juga untuk medan yang mau dilalui, ada kesulitan enggak buat busnya,” ucap Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Risiko Kebiasaan Isi BBM Tidak Sampai Penuh

Kemudian, soal PO bus yang akan dipilih, bisa dicari review-nya di Internet, apakah direkomendasikan atau tidak. Dengan begitu, penumpang bisa mencari tahu dahulu PO bus pariwisata sebelum menyewanya.

“Kumpulkan informasi bus tersebut dengan tanya sama orang lain yang pernah pakai jasanya. Bisa juga cek instagramnya jika ada atau lihat reviewnya di google,” kata Dimas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com