Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantauan Harga Bekas Yamaha X-Ride per Januari 2022

Kompas.com - 22/01/2022, 10:42 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika membahas skuter matik (skutikentry level dengan desain unik bergaya crossover, maka citra Yamaha X-Ride akan segera muncul dalam benak.

Wajar mengingat sepeda motor ini jadi pionir skutik entry level dengan desain crossover, sebelum munculnya pesaing serupa seperti Honda BeAT Street atau Suzuki Nex Crossover.

Hadir di pasar otomotif Tanah Air pada Maret 2013, X-Ride diluncurkan Yamaha demi memperluas segmentasi pasar skutik. Basis mesin dan sasis dari Yamaha Mio J, sementara desain bodinya mengadopsi Yamaha TTX yang beredar di Thailand.

Baca juga: Kecelakaan Truk di Rapak Balikpapan, Kenapa Sopir Tidak Buang Badan Truk ke Kiri?

Yamaha X-Ride Generasi Terbaru yang sudah dilengkapi aksesoriKOMPAS.com / Aditya Maulana Yamaha X-Ride Generasi Terbaru yang sudah dilengkapi aksesori

Yamaha lantas merilis generasi kedua X-Ride pada 2017. Skutik crossover ini lantas mengadopsi basis skutik Mio M3 dengan dapur pacu Blue Core 125 cc. Generasi kedua ini yang masih bertahan hingga sekarang.

Saat ini unit baru Yamaha X-Ride dibanderol di harga Rp 19,19 juta untuk on the road (OTR) Jakarta. Apabila angka tersebut terbilang mahal, berburu unit bekasnya bisa jadi pilihan.

Dari pantauan di sejumlah bursa motor bekas daring, Sabtu (22/1/2022), Yamaha X-Ride bekas dijual mulai kisaran harga Rp 6 jutaan hingga Rp 8 jutaan untuk unit lansiran 2014.

Baca juga: Sah, Daihatsu Mulai Turunkan Harga Ayla dan Sigra

Yamaha X-Ride 125 meluncur.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Yamaha X-Ride 125 meluncur.

Jika unit tahun tersebut dirasa tua, maka bisa pertimbangkan untuk mencari Yamaha X-Ride bekas mulai lansiran tahun 2019. Namun siapkan dana lebih mengingat unit bekas tahun tersebut dibanderol mulai harga Rp 10 jutaan.

Ingat untuk teliti mengecek keseluruhan kondisi motor bekas yang akan dibeli. Bukan cuma surat-surat kepemilikan, pastikan juga status pajak kendaraannya masih aktif agar tidak repot membayar denda telat pajak saat tidak dalam masa pemutihan.

Berikut kisaran harga bekas Yamaha X-Ride per Januari 2022.

2014: Rp 6 jutaan - Rp 8 jutaan
2015: Rp 8 jutaan - Rp 9 jutaan
2016: Rp 8 jutaan - Rp 9 jutaan
2017: Rp 8 jutaan - Rp 10 jutaan
2018: Rp 8 jutaan - Rp 10 jutaan
2019: Rp 10 jutaan - Rp 13 jutaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com