Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemindahan Tugu Jam Thamrin, Ada Rekayasa Lalu Lintas di Pusat Kota

Kompas.com - 04/01/2022, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) akan melakukan rekayasa lalu lintas terkait pemindahan cagar budaya Tugu Jam Thamrin Segmen-3 di persimpangan Jl MH Thamrin-Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Segmen-3 merupakan bagian bawah dari Tugu Jam Thamrin dan pemindahannya akan dilakukan pada Minggu ke-4 Januari 2022.

Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta (Perseroda) Rendi Alhial mengatakan, pemindahan cagar budaya Tugu Jam Thamrin Segmen 1 dan 2 sebelumnya telah berhasil dilakukan pada akhir November 2021.

Baca juga: Harga Kijang Innova Diesel Bekas Masih Tinggi, di Atas Rp 150 Jutaan

“Sejak dimulai pada akhir November 2021, tim konstruksi dari kontraktor dan PT MRT Jakarta (Perseroda) telah berhasil memindahkan segmen-1 yang merupakan bagian puncak tugu jam dan segmen-2 yang merupakan bagian tengah tugu jam ke lokasi penyimpanan sementara di area Taman Monas,” ucap Rendi dalam keterangannya, Senin (03/01/2022).

Kendaraan melintasi  jalan yang lengang akibat penyekatan jalan aksi Reuni 212 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (2/12/2021). Polda Metro Jaya menyebut bahwa kegiatan Reuni 212 tidak bisa digelar lantaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tak mengeluarkan rekomendasi dan izin penggunaan lokasi reuni.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Kendaraan melintasi jalan yang lengang akibat penyekatan jalan aksi Reuni 212 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (2/12/2021). Polda Metro Jaya menyebut bahwa kegiatan Reuni 212 tidak bisa digelar lantaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tak mengeluarkan rekomendasi dan izin penggunaan lokasi reuni.

Baca juga: Mendengarkan Musik Sambil Mengemudi Bukan Obat Mengantuk

Adapun pengaturan dan penyesuaian lalu lintas yang akan diterapkan telah dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya, meliputi:

- Penyempitan lajur kendaraan dengan menyisakan 1 lajur kendaraan pada tiap jalur di persimpangan Jl MH Thamrin-Jl Kebon Sirih arah timur-barat yang menuju Tanah Abang dan Gondangdia.

- Rekayasa lalu lintas tahap ini hanya diberlakukan pada pukul 22.00 WIB-05.00 WIB, sedangkan pada pukul 05.00 WIB-22.00 WIB kondisi lalu lintas berlangsung seperti biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com