Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Lewati Turunan Curam Saat Main Off Road, Atur Pakai Rem Belakang

Kompas.com - 31/12/2021, 13:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Aktivitas terabas ke alam atau trabasan bisa menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan. Ketika trabasan, tentu akan menemui berbagai rintangan, salah satunya adalah turunan yang curam.

Berbeda dengan jalanan aspal, kondisi turunan ketika berada di jalur off road punya permukaan yang beragam, bisa dari tanah atau semen berlumut yang licin. Lalu bagaimana tips melewati turunan curam tersebut tanpa terjatuh?

Muhammad Arief, Trainer Yamaha Riding Academy memberikan tips untuk menghadapi turunan curam yang licin. Hal pertama yang dilakukan adalah memakai gigi yang rendah dan mengatur porsi rem depan dan belakang.

Baca juga: Pengemudi Wajib Tahu Durasi Aman Saat Berkendara Jarak Jauh

Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, BogorDOK. YIMM Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor

“Lihat lagi, kalau curam banget, andalkan engine brake. Kemudian kalau butuh pengereman, pakai rem belakang,” ucap Arief di Sentul belum lama ini.

Arief mengatakan, ketika roda belakang mengunci dan roda depan tidak, motor masih bisa dikendalikan, misalnya dengan cara counter steering. Sedangkan jika roda depan yang mengunci, potensi jatuh sangat besar.

Baca juga: Pengemudi Harus Tahu, Ini Jam Rawan Saat Berkendara

“Rata-rata orang jatuh itu karena rem depan (mengunci). Kalau rem belakang ngunci, kita bisa counter steering,” kata Arief.

Kemudian badan pengendara juga bisa diposisikan agak belakang. Hal ini bisa membantu ban belakang mendapatkan traksi lebih baik ketika melibas turunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com