Salin Artikel

Cara Lewati Turunan Curam Saat Main Off Road, Atur Pakai Rem Belakang

BOGOR, KOMPAS.com – Aktivitas terabas ke alam atau trabasan bisa menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan. Ketika trabasan, tentu akan menemui berbagai rintangan, salah satunya adalah turunan yang curam.

Berbeda dengan jalanan aspal, kondisi turunan ketika berada di jalur off road punya permukaan yang beragam, bisa dari tanah atau semen berlumut yang licin. Lalu bagaimana tips melewati turunan curam tersebut tanpa terjatuh?

Muhammad Arief, Trainer Yamaha Riding Academy memberikan tips untuk menghadapi turunan curam yang licin. Hal pertama yang dilakukan adalah memakai gigi yang rendah dan mengatur porsi rem depan dan belakang.

“Lihat lagi, kalau curam banget, andalkan engine brake. Kemudian kalau butuh pengereman, pakai rem belakang,” ucap Arief di Sentul belum lama ini.

Arief mengatakan, ketika roda belakang mengunci dan roda depan tidak, motor masih bisa dikendalikan, misalnya dengan cara counter steering. Sedangkan jika roda depan yang mengunci, potensi jatuh sangat besar.

“Rata-rata orang jatuh itu karena rem depan (mengunci). Kalau rem belakang ngunci, kita bisa counter steering,” kata Arief.

Kemudian badan pengendara juga bisa diposisikan agak belakang. Hal ini bisa membantu ban belakang mendapatkan traksi lebih baik ketika melibas turunan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/31/132100015/cara-lewati-turunan-curam-saat-main-off-road-atur-pakai-rem-belakang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.