Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2021, 18:31 WIB
|

CERVERA, KOMPAS.com - Marc Marquez sedang berada di puncak karier pada musim 2019 sebelum semuanya berubah pada 2020. Usai mengalami kecelakaan di awal musim Marc mesti rehat lama balapan.

Pada 2021 dia kembali ke kelas premier tapi masih dihantui cedera dan pengembangan motor yang kurang sesuai. Di akhir musim dia kembali cedera penglihatan ganda usai berlatih off road.

Pendahulu Marc, yang juga mantan juara dunia dari Repsol Honda, Casey Stoner mengatakan, dengan talenta sebesar Marc, meski cedera lama mudah dia buat kembali kondisi semula.

“Cedera adalah bagian tak terpisahkan dari balap. Tapi saya pikir mudah bagi saya dan Marc untuk mengesampingkan pikiran itu,” kata Stoner mengutip Motorsport-Total.com, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Soal Penghapusan Premium dan Pertalite, Begini Kata Direktur Pertamina

Casey Stoner saat berlaga pada MotoGP Valencia 2012. AFP PHOTO / JOSE JORDAN (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Casey Stoner saat berlaga pada MotoGP Valencia 2012. AFP PHOTO / JOSE JORDAN (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Tapi pembalap asal Australia itu juga mengingatkan Marc bahwa dia tidak boleh mengulangi kesalahan yang sama.

Di mana semua tahu bahwa Marc merupakan pebalap agresif di lintasan. Di satu sisi bagus untuk menang tapi juga membawa konsekuensi berisiko lebih besar mengalami kecelakaan.

“Kita semua membuat kesalahan, kita semua menyerang terlalu keras dan jatuh. Itu hanya bagian dari balapan," ungkap Stoner.

"Anda mencoba untuk mendapatkan yang terbaik dari diri Anda dan motor. Anda harus belajar darinya dan tidak terus mengulangi kesalahan ini. Itu yang paling penting,” katanya.

Stoner sendiri merupakan salah satu pebalap yang sering jatuh. Sama seperti Marc yang sering jatuh terutama saat latihan bebas untuk mengetes level tertinggi.

Baca juga: Batch Pertama Suzuki Gixxer SF250 Sudah Habis Terjual

 

Casey Stoner.MOTORSPORT.com Casey Stoner.
"Jika saya jatuh dalam sesi latihan, tidak ada yang menghentikan saya untuk naik motor kedua lagi. Jika setup-nya sama, saya biasanya bisa melaju lebih cepat karena saya tahu di mana saya membuat kesalahan," katanya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.