Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suites Class PO Handoyo Kena Jiplak Operator Bus Bangladesh

Kompas.com - 18/12/2021, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Operator bus di Bangladesh kembali berulah. Sebelumnya, tersebar beberapa foto yang memperlihatkan bus mirip Suites Class livery PO Sinar Jaya beroperasi di sana.

Kini, kembali muncul bus suites class di Bangladesh dengan livery mirip milik PO Handoyo. PO Handoyo sendiri merilis Suites Class buatan Karoseri Laksana relatif masih baru, sekitar September 2020.

Bus yang beredar di Bangladesh ini bisa dibilang punya livery yang mirip. Misalnya seperti warna bodi keemasan ditambah grafis bercorak singa di lambung bus yang mirip dengan PO Handoyo di Indonesia.

Baca juga: Bila PPnBM Permanen Diterapkan, Honda Jamin All New BR-V Menikmatinya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by didit zaenanto (@busoftheday)

 

Jika dilihat tampilan luarnya, jiplakan Suites Class PO Handoyo ini punya detail yang cukup sama dengan Suites Class buatan Laksana di Indonesia. Misalnya dari lampu depan, fog lamp, selendang, dan lampu belakang sudah cukup mirip.

Bedanya, proporsi bodi bus yang ada di Bangladesh nampak lebih besar, berbeda dengan yang ada di Indonesia. Selain itu, basis bus yang digunakan adalah sasis bus dengan mesin depan, sedangkan di Indonesia, pakai mesin belakang.

Masuk ke bagian kabin, terdapat bangku yang disusun meningkat. Namun karena keterbatasan gambar, tidak terlihat apakah susunan bangkunya sama dengan di Indonesia (1-1) atau malah (2-1) seperti bus sebelumnya.

Baca juga: Yamaha Luncurkan NMAX 160 Versi Spider-Man: No Way Home

Menanggapi hal ini, Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto membenarkan kalau bus Laksana kerap dijiplak di Bangladesh. Namun Karoseri Lakasan tidak begitu mempedulikan, selama bentuknya tidak persis sama.

“Ya positive thinking saja, bahwa bus Laksana diminati di negeri seberang,” ucap Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Bus suites class dan social distancinginstagram/indotrans_ Bus suites class dan social distancing

Karoseri Laksana sebelumnya pernah mengimpor berbagai model bus ke Bangladesh. Misalnya seperti model bus tingkat (SR2 Double Decker) dan single cabin ekstra tinggi (SR2 XHD Prime).

Sedangkan untuk model Suites Class, Laksana belum mengekspornya ke Bangladesh. Jadi bisa dibilang pembut bodi bus di Bangladesh mengambil inspirasi dari bus yang ada di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com