Jangan Anggap Sepele, Pengendara Motor Saat Hujan Perlu Persiapan

Kompas.com - 15/12/2021, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim penghujan, sudah waktunya bagi para pengendara sepeda motor untuk lebih mempersiapkan diri di perjalanan. Sebab, hujan akan lebih sering turun setiap hari.

Selain itu, mengendarai motor di musim hujan juga membutuhkan tingkat kewaspadaan yang tinggi. Jadi, bukan hanya perlengkapan saja yang perlu dibawa, tapi juga kondisi motor.

Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) Demmy Firmansyah mengatakan, mengendarai sepeda motor saat hujan membuat pengguna motor perlu memperhatikan beberapa hal yang mendukung keselamatan berkendara.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Mobil Saat Musim Hujan

"Sebab, pada musim hujan membuat para pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati. Bisa karena jalan yang licin, situasi jalan yang padat dan pandangan terganggu sehingga pengendara harus mengantisipasi kemanan dalam berkendara," ujar Demmy, dalam keterangan resminya.

Persiapan berkendara di musim hujanDok. DAM Persiapan berkendara di musim hujan

Sebelum mulai berkendara di musim hujan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan:

1. Persiapan Fisik
Setiap berkendara dalam kondisi apapun, pengendara harus mengecek kondisi badan terlebih dahaulu untuk memastikan kondisi tubuh fit.

"Sebab, kondisi tubuh yang tidak fit akan mempengaruhi fokus saat berkendara," kata Demmy.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Begini Antisipasi Mengurangi Kecelakaan di Jalan Tol

2. Lampu Sepeda Motor

Sebelum beraktivitas, periksa terlebih dahulu fungsi lampu-lampu yang ada di sepeda motor. Sesuai dengan Undang-Undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, lampu depan sepeda motor wajib menyala walaupun berkendara di siang hari.

Persiapan berkendara di musim hujanDok. DAM Persiapan berkendara di musim hujan

Selain itu, lampu sepeda motor berfungsi untuk membantu pengendara dapat melihat jalan dengan jelas dalam kondisi hujan dan jalan yang tergenang air.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.