Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Lengkap tapi Lebih Mahal, Veloz Bakal Senggol Pasar Rush?

Kompas.com - 22/11/2021, 11:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadir serba baru, Toyota All New Veloz saat ini menjelma menjadi MPV murah yang naik kelas. Tak hanya tampilan yang lebih premium, namun memiliki fitur yang lengkap dan siap memanjakan para penggunanya.

Lantas dengan segala ragam fitur yang dimiliki, ditambah dengan visual crossover dan ground clearence yang cukup tinggi, yakni 205 mm, apakah Veloz nantinya bisa menggangu pasar Toyota Rush yang sejatinya bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV).

Menjawab hal ini, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, secara segmen antara Veloz dan Rush sudah berbeda. Karena itu, konsumennya pun berbeda.

Baca juga: Daihatsu Bawa Terios Versi Irit di GIIAS 2021

"Saya rasa untuk Avanza dan Rush sebenarnya saling melengkapi, bahkan sebelum Veloz muncul. Tapi memang Rush ini punya desain dan fitur yang berbeda, belum lagi dari size dan ground clearance kemudian bentuk bodinya," ucap Anton saat konferensi pers secara virtual, Sabtu (20/11/2021).

"Untuk Veloz sendiri kita tidak katakan sebagai SUV karena tetap di LMPV, cuma punya SUV look saja. Justru kami ingin memberikan pilihan bagi konsumen," katanya.

Lebih lanjut Anton mengatakan, meski dalam ajang GIIAS 2021 perhatian konsumen lebih ke All New Avanza dan Veloz, tapi dari sisi penerimaan, Rush masih cukup baik.

Berdasarkan data yang diterima, untuk Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Rush sendiri diklaim sudah mencapai 329 unit jelang dua hari berakhirnya pameran otomotif.

Baca juga: Jumlah SPK Toyota Avanza dan Veloz Capai 1.398 Unit

Toyota RushToyota Toyota Rush

"Saya rasa (penerimaan Rush) cukup baik dibandingkan dengan situasi dan kondisi market pada saat ini," ucap Anton.

Seperti diketahui, All New Veloz hadir dilengkapi dengan teknologi TSS yang di dalamnya terdapat empat fitur keselamatan aktif.

Mulai dari Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, dan Front Departure Alert.

Tak hanya itu, terdapat fitur Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot All New Veloz.

Toyota All New VelozKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Veloz

Bila dibandingkan, SPK Rush sendiri sebenarnya masih di bawah Innova dan Fortuner. Sementara paling tinggi di dominasi oleh All New Veloz dengan jumlah pemesanan 701 unit dan disusul All New Avanza 697 unit.

Namun demikian, bila melihat dari sisi harga, dengan ragam fitur yang lebih mewah, generasi kedua Veloz kini tak bisa dianggap murah. Bandrolnya tak hanya lebih mahal dari Xpander Cross, tapi juga lebih tinggi dari Rush.

Baca juga: Bahas Performa Avanza dan Xpander yang Sama-sama FWD dan Pakai CVT

Toyota memasarkan All New Veloz mulai dari Rp 251.200.000 untuk tipe MT, Rp 272.100.000 untuk Q CVT yang jadi varian tengah, dan Rp 291.500.000 untuk Q CVT TSS yang jadi varian tertingginya.

Toyota VelozToyota Toyota Veloz

Sementara Rush, dibanderol mulai dari Rp 245,5 juta hingga Rp 267,1 juta untuk tipe tertingginya, yakni 1.5 S A/T GR Sport.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com