Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Pede Camry Hybrid Jadi Pilihan Sedan Ramah Lingkungan

Kompas.com - 18/11/2021, 09:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Sebelu peluncuran All New Avanza dan Veloz, PT Astra Toyota Motor (TAM) lebih dulu meluncurkan sedan hybrid premiumnya di Indonesia, yakni New Camry.

Sedang menengah ini meluncur seiring dengan tumbuhnya kondisi pasar otomotif nasional yang mulai membaik dengan indikasi ke level 911.000 unit di 2021 dari sebelumnya 580.000 unit di 2020.

Dari jumlah tersebut, untuk segmen sedan sendiri mengalami peningkatan dari 3.700 unit di tahun lalu, menjadi 4.200 unit pada 2021.

Baca juga: Sensasi Berkendara Toyota All New Avanza yang Tak Lagi Seperti Dulu

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda mengatakan, peluncuran New Camry menjadi bagian dari komitmen menghadirkan Total Mobility Solution, yang salah satunya ditunjukan melalui pilihan teknologi elektrifikasi.

All New Camry Hybrid All New Camry Hybrid

"Kami hadirkan New Camry V dan New Camry Hybrid yang didukung dengan layanan mobilitas Toyota untuk memberikan pengalaman bermobilitas yang menyenangkan dan personal, yang juga jadi bagian dari upaya mewujudkan Mobility Happiness for All," ucap Matsuda dalam keterangan resminya, Rabu (17/11/2021).

Tak hanya itu, kehadiran New Camry juga menjadi bentuk dukungan Toyota dalam berkontribusi menghadirkan kendaraan ramah lingkungan dan sejalan dengan ditetapkannya Kebijakan Pajak Karbon (CO2).

New Camry hadir dalam dua pilihan mesin yang diklaim ramah lingkungan, yaitu mesin bensin baru berbasis Toyota New Global Architecture (TNGA) serta berteknologi Hybrid Toyota generasi ke-4.

Kedua mesin tersebut digadang-gadang menawarkan efisiensi bahan bakar yang cukup baik serta emisi gas buang yang rendah.

Baca juga: Mampir ke Hyundai Service Point, Bisa Tes Emisi Gratis

Menariknya lagi, walau hadir dengan mesin baru dan berbagai fitur yang cukup advance, tapi dari segi harga New Camry menjadi lebih kompetitif, yakni di bawah Rp 800 juta, tepatnya Rp 767 juta.

Interior All New Camry Hybrid Interior All New Camry Hybrid

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto, mengatakan adanya kebijakan pajak berdasarkan emisi gas buang, membuat harga jual kendaraan rendah emisi menjadi lebih kompetitif, termasuk New Camry V yang menggunakan mesin internal combustion (ICE) maupun New Camry Hybrid karena menghasilkan level CO2 yang rendah.

"Kami harap, New Camry tidak hanya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan, namun jadi bagian dari upaya bersama kami beserta pelanggan dalam menekan angka CO2 ke depannya," ucap Henry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com