Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting Merawat Deffoger Mobil Saat Musim Hujan

Kompas.com - 28/10/2021, 16:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim penghujan, penting untuk pemilik mobil untuk memastikan kendaraannya selalu dalam keadaan prima. Terkhusus, pada fitur defogger yang mampu membantu pandangan saat berkendara.

Diketahui, defogger dapat menghalangi proses terjadinya embun pada kaca depan dan belakang. Defogger kaca depan biasanya memanfaatkan embusan AC lewat kisi-kisi dasbor.

Sedangkan defogger kaca belakang menggunakan elemen pemanas dari tembaha yang biasa menempel di balik kaca film. Garis-garis berwarna oranye itu dialiri listrik dan menghasilkan panas, sehingga menangkal proses terjadinya embun.

Baca juga: Pakai BBM Berkualitas Tak Menjamin Mobil Lulus Uji Emisi

Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.

Kepala Bengkel Auto2000 Krida di Jakarta Selatan Rudi Ganefia mengatakan, jika defogger kaca belakang butuh perhatian khusus untuk perawatan dan penggunaanya.

“Tak seperti defogger kaca depan yang bebas perawatan, defogger kaca belakang terdiri dari elemen pemanas yang menempel di kaca. Garis-garis ini bisa rusak, salah satunya karena proses pemanasan kaca film yang tidak benar,” ucap Rudi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jika defogger bermasalah, otomatis visibilitas ke bangian belakang terganggu.Pemilik kendaraan bisa melihat kondisi elemen tembaga apakah masih menempel secara utuh atau tidak.

Baca juga: Hasil Investigasi KNKT Soal Truk Trailer Mundur di Tol Banyumanik

Defogger kaca belakang punya peran penting saat musim hujanGridOto.com Defogger kaca belakang punya peran penting saat musim hujan

Selain itu coba perhatikan bagian soket yang berada di tepian defogger. Menurut Rudi, bagian tersebut penting untuk dijaga, jangan sampai basah, karena bisa saja terjadi korslet.

Sementara untuk membersihkannya, cukup di lap saja menggunakan lap chamois atau microfiber. Selain itu, defogger jangan dinyalakan terus-menerus. Ketika embun sudah hilang lebih baik dimatikan.

“Selain itu, pemilik mobil jangan lupa untuk matikan defogger saat cuaca terik agar terhindar dari risiko kaca mobil pecah karena kepanasan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com