Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan VR46 Bertambah Besar, Turunkan Empat Tim Balap

Kompas.com - 28/09/2021, 14:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim balap VR46 di Kejuaraan Dunia MotoGP semakin bertambah besar. Mulai musim depan, tim ini mengikuti semua kelas.

Dikutip dari Moto.it, Selasa (28/9/2021), ada empat tim balap VR46 yang akan bersaing, yakni satu tim di kelas Moto3, dua tim di kelas Moto2, dan satu tim di kelas MotoGP.

Baca juga: Rossi Beberkan Skuad Pebalap Tim Aramco VR46

Dimulai dari kelas Moto3, Valentino Rossi memiliki hubungan baik dengan Avintia dan akan mensponsori tim balap bernama Avintia VR46 Riders Academy.

Valentino Rossi dan Luca MariniFoto: Motorsport-Total.com Valentino Rossi dan Luca Marini

Di kelas Moto2, VR46 akan hadir dalam dua tim. Tim balap pertama adalah Aramco VR46, hasil kerja sama dengan pabrikan oli asal Arab Saudi. Saat ini, pebalapnya adalah Marco Bezzecchi dan Celestino Vietti.

Tim balap yang kedua akan menggantikan Petronas Sepang Racing Team (SRT). Dengan hengkangnya sponsor utama, Petronas, VR46 sudah melakukan kesepakatan langsung dengan Yamaha. Kemungkinan besar namanya akan menjadi Yamaha VR46 Master Camp Team.

Baca juga: Alasan Rossi Tolak Balapan Semusim Lagi dengan VR46

Di kelas utama atau kelas MotoGP, sudah dikonfirmasi bahwa VR46 akan menggandeng Ducati. VR46 sudah berkomitmen untuk tetap balapan hingga musim 2024. Salah satu pebalapnya yang dapat dipastikan adalah Luca Marini.

Hadirnya keempat tim balap ini sesuai dengan tujuan Rossi membentuk VR46 Academy, yakni membentuk para pebalap muda Italia agar bisa bersaing di kejuaraan dunia. Selain itu, tentunya juga untuk mengalahkan dominasi talenta pebalap Spanyol selama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com