Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Jalan Keliling Jakarta dengan Mini Cooper 5-Door

Kompas.com - 02/09/2021, 16:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas ektsterior dan interior Mini Cooper 5-Door terbaru, kini giliran tim redaksi Kompas.com menjajal langsung perfomanya di jalanan Ibu Kota.

Salah satu hal yang paling diunggulkan pada produk Mini adalah pengalaman berkendara yang menyenangkan mirip Go-kart (Go-kart feeling).

Terlebih lagi, model terbaru Mini Cooper 5-Door ini telah dibekali fitur dan desain yang membuatnya semakin terlihat sporty.

Meski dimensi mobil tidak terlalu besar, untuk mendapat posisi berkendara yang nyaman dan ideal tidaklah sulit.

Sebab pengendara bisa mengatur jok sesuai dengan postur tubuh, termasuk setir kemudi yang sudah tilt dan telescopic.

Baca juga: Saat Berganti ke Kendaraan Listrik Penting untuk Ubah Pola Pikir

Selain itu, ada juga tambahan pengaturan untuk menampung paha. Ditambah dengan headrest yang bisa diatur pengemudi untuk menambah kenyamanan.

Bicara soal visibilitas mobil ini terbilang cukup baik, kaca depan yang membentang serta pilar A yang tidak terlalu tebal membuat pandangan pengemudi ke arah jalan lebih luas.

Namun, untuk kaca spion tengah terbilang kecil, sehingga pandangan pengemudi ke arah belakang terbatas.

Mesin Mini Cooper 5-DoorKompas.com/ApridaMegaNanda Mesin Mini Cooper 5-Door

Ketika tombol start-stop engine ditekan, suara mesin yang keluar cukup ganas namun tidak begitu bising.

Mini Cooper 5-Door 2021 ini dibenamkan mesin berkapasitas 1.499 cc twin power turbo yang mampu menghasilkan tenaga 136 hp dan torsi 220 Nm. Kekuatan itu disalurkan ke empat roda melalui transmisi 7-percepatan Steptronic.

Ketika melewati jalan macet Ibu Kota, mobil ini cukup lincah diajak manuver. Hanya saja radius putar mobil terbilang panjang untuk ukuran mobil yang kompak.

Masuk ke lintasan bebas hambatan alias jalan tol, dengan kecepatan 140/kpj, keseruan sontak langsung hadir. Namun sayang, bantingan suspensinya begitu terasa, terlebih saat melintasi kondisi jalan yang tidak mulus.

Meski begitu, hal tersebut terbilang wajar karena karakter mobil yang agresif dan tak terlepas dari ciri khas Mini yakni Go-kart feeling yang memiliki handling sangat baik.

Mini Cooper 5-Door mode sportKompas.com/ApridaMegaNanda Mini Cooper 5-Door mode sport

Saat masuk ke mode sport, tarikan mobil menjadi jauh berbeda dan sangat agresif. Dalam kondisi ini, suara putaran mesin menjadi lebih terdengar.

Pengemudi bisa merasakan suaranya cukup jelas walaupun redaman noise di mobil ini terbilang baik.

Baca juga: Optimis Elektrifikasi, EVCuzz Kejar Target Ribuan SPKLU di 2025

Kesimpulannya, sensasi berkendara Go-kart memang kental di varian Mini Cooper 5-Door ini. Mobil ini memberikan tenaga yang responsif dan handling yang sangat baik.

Kekurangannya pada bantingan suspensi yang begitu keras. Namun ini adalah harga yang harus dibayar untuk mengendarai mobil dengan karakter yang agresif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com