Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Atraksi Wheelie di Jalan, Jauhi Saja Jangan Ditegur

Kompas.com - 30/08/2021, 17:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi jalanan yang sepi, terutama saat malam hari kerap dimanfaatkan pengendara motor ugal-ugalan. Bahkan saat ini mulai banyak yang menjadikan jalanan sebagai arena atraksi.

Salah satu atraksi yang sering diperlihatkan adalah wheelie. Seperti pebalap motor, aksi wheelie memang kerap dilakukan untuk mengekspresikan perasaan senang setelah selesai balapan.

Namun sayangnya, aksi ini malah diikuti pengendara motor dan dilakukan di jalan raya. Padahal aksi seperti ini sangat berbahaya, apalagi jika dilakukan di jalan raya, bisa mencelakai orang lain.

Baca juga: Fortuner 2.800 cc Dapat Penyegaran, Harga Tembus Rp 700 Jutaan

Pengendara motor wheelie di jalan rayainstagram.com/agoez_bandz4 Pengendara motor wheelie di jalan raya

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, sebagai pengguna jalan, harus berhati-hati. Jika melihat ada orang yang ingin melakukan aksi wheelie, lebih baik dijauhi saja agar tidak ikut celaka karenanya.

“Lebih baik kita mencari jalan atau lajur yang aman agar tidak terlibat kecelakaan. Lalu bisa melaporkan kejadian tersebut kepada kepolisian yang bertugas di jalan raya, biarkan mereka yang mengambil tindakan,” ucap Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Tujuan dari berkendara adalah selamat di jalan, jadi jika ada yang dirasa membahayakan, lebih baik jauhi. Jika memang mau merekam aksinya, pastikan video tersebut dijadikan bukti ke petugas, bukan untuk diviralkan.

Baca juga: Buat yang Belum Tahu, Ini Fungsi AC Mobil Saat Kondisi Hujan

“Kalau tujuannya memviralkan, menurut saya sebaiknya tidak perlu. Jangan sampai niat baik malah bisa-bisa terkena UU ITE karena merekam tanpa izin, jadi merepotkan diri sendiri,” kata Agus.

Kemudian jika bertemu, lebih baik tidak usah ditegur. Karena bisa saja terjadi konflik di jalan raya yang nantinya malah lebih merepotkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com