Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Pertamina Mandalika SAG Team Pensiun, Dimas Ekky Berpeluang

Kompas.com - 20/08/2021, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Thomas Luthi, pebalap Pertamina Mandalika SAG Team, memutuskan untuk pensiun pada akhir musim ini di usia 34 tahun. Banyak spekulasi yang bermunculan mengenai siapa penggantinya.

Luthi punya rekor yang cukup luar biasa. Dia sudah melakukan start sebanyak 311 grand prix selama balapan 20 musim. Soal gelar juara dunia, Luthi adalah juara dunia 125 cc tahun 2005.

Baca juga: Pertamina Mandalika Raih Hasil Positif pada Moto2 Austria

Sayangnya, selama di kelas Moto2, pebalap asal Swiss ini belum berhasil meraih gelar juara dunia. Tapi, Luthi selalu menjadi penantang terkuat di klasemen.

Pebalap Pertamina Mandalika SAG Team, Tom Luthi, saat berlaga pada Moto2 Austria 2021Rafa Marrodan RME Pebalap Pertamina Mandalika SAG Team, Tom Luthi, saat berlaga pada Moto2 Austria 2021

Luthi sempat merasakan balapan di kelas MotoGP pada 2018. Dia masuk ke dalam tim satelit EG 0,0 Marc VDS. Tapi, setelah kesulitan di musim pertamanya, dia kembali ke Moto2.

Untuk musim 2022 nanti, Luthi akan menjadi Direktur Olahraga di PrüstelGP. Tim balap ini turun di kelas Moto3 dan Junior Moto3. Selain itu, dia juga akan menjadi manajer dari pebalap asal Swiss juga, yakni Noah Dettwiler.

Baca juga: Pertamina Mandalika Sambut Hari Kemerdekaan RI di Moto2 Austria

Luthi mengatakan, keputusannya untuk mengakhiri karir sebagai pebalap profesional dipermudah dengan kesempatan terlibat sebagai Direktur Olahraga di PrüstelGP.

Thomas Luthi saat sesi latihan bebas pada Moto2 Styria 2021Rafa Marrodan Thomas Luthi saat sesi latihan bebas pada Moto2 Styria 2021

"Saya sangat menantikan untuk bisa berkontribusi untuk bisa sukses di peran yang baru. Untuk dapat meneruskan pengalaman saya dan bekerja sama dengan talenta muda, tetapi juga dengan pembalap yang sudah sangat kuat di Kejuaraan Dunia Moto3 adalah tantangan baru yang menarik," ujar Luthi, dalam keterangan resminya.

Tak sedikit yang berharap Dimas Ekky Pratama bisa mengisi kekosongan yang ditinggalkan Luthi pada Pertamina Mandalika SAG Team.

Pebalap Pertamina Mandalika SAG Stylo EUVIC, Dimas Ekky Pratama, saat sesi tes di Sirkuit Catalunya, BarcelonaRafa Marrodan Pebalap Pertamina Mandalika SAG Stylo EUVIC, Dimas Ekky Pratama, saat sesi tes di Sirkuit Catalunya, Barcelona

"Hehehe.. Ada deh. Tunggu aja release-nya ya," ujar Direktur Pertamina Mandalika SAG Team Kemalsyah Nasution, saat dihubungi Kompas.com, melalui pesan singkat, belum lama ini.

Saat ini, Dimas Ekky membalap di FIM CEV Moto2 musim ini bersama Pertamina Mandalika SAG Stylobike Euvic Team. Performanya saat ini juga cukup menjanjikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com