Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjual Rp 120 Juta Saat Lelang, Ini Harga Pasaran KSR 110 Sebenarnya

Kompas.com - 20/08/2021, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, dr. Tirta menggelar lelang sepeda motor untuk amal. Motor yang dilelang adalah Kawasaki KSR 100 tahun 2012 dan terjual Rp 120 juta.

Meski Kawasaki KSR termasuk ke dalam motor hobi atau motor koleksi, tapi tetap banyak yang antusias untuk mengikuti lelang. Sebab, motor ini memiliki tampilan yang menarik, dengan dimensinya yang mungil, tapi bergaya supermoto.

Baca juga: Kenali Penyakit Kambuhan pada Motor Mini Kawasaki KSR

Harga KSR tinggi karena motor mini ini didatangkan secara utuh atau Completely Built Up (CBU) dari Thailand oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). KSR110 pertama kali diluncurkan pada 2011 dan berlanjut ke KSR Pro pada 2014.

Kawasaki KSRInstagram @ksr_racing_hobbies_ Kawasaki KSR

Erik Budiharjo, dedengkot Kawasaki KSR Community (KKC) Jabodetabek, mengatakan, harga motor bekas KSR sekarang ini ada di kisaran Rp 16 jutaan sampai Rp 17 jutaan. Baik KSR110 atau KSR Pro, kisarannya tidak jauh berbeda.

"Motornya juga yang membedakan hanya di koplingnya saja, yang KSR110 kopling otomatis dan KSR Pro kopling manual. Sisanya, sama semua," ujar pria yang akrab disapa Mbah tersebut, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tren Modifikasi Motor Mini Kawasaki KSR, Banyak yang Utak-atik Mesin

Dari berbagai situs jual beli online, tak banyak pilihan untuk KSR bekas. KSR paling tua adalah tahun 2012 dan dibanderol Rp 17,5 juta.

Kawasaki KSR Pro 2021Dok. KMI Kawasaki KSR Pro 2021

Sementara yang lainnya, rata-rata produksi tahun 2014 dan 2015. Untuk kisaran harganya sendiri, sekitar Rp 24 jutaan. Tapi, ada juga KSR Pro lansiran 2017 yang dijual di angka Rp 23 jutaan.

"Kalau soal mana yang lebih banyak diminati, sebenarnya tergantung konsumennya. Kalau senang yang agak cepat, paling dia cari yang kopling. Kalau yang senang berkendara santai, paling cari yang non kopling," kata Mbah.

Sekarang ini, PT KMI hanya memasarkan KSR Pro saja dengan harga Rp 34,7 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com