Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Bukti Vinales Geber Motor Yamaha YZR-M1 Secara Tidak Normal

Kompas.com - 13/08/2021, 15:45 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales resmi dicoret oleh Yamaha dari MotoGP Austria. Alasannya, menurut pernyataan resmi Yamaha, Vinales mengegas motornya secara tidak normal yang berpotensi menyebabkan kerusakan.

Belakangan ini, Vinales menjadi sorotan di MotoGP setelah Yamaha memutuskan untuk mencoret namanya pada seri kesebelas MotoGP 2021. Vinales kedapatan mengendarai motornya dengan tidak normal.

Baca juga: Vinales Dicoret Yamaha, Dianggap Sabotase Merusak Mesin YZR-M1

Banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa Vinales menyabotase motornya sendiri. Vinales sendiri belum mengeluarkan pernyataan apapun untuk merespons kejadian ini.

Belum lama ini, MotoGP.com merilis video yang memperlihatkan lap terakhir sebelum Vinales masuk ke pit dan tidak menyelesaikan balapannya.

Pada video tersebut, terlihat Vinales beberapa kali menyentuh limiter. Bahkan, saat akan masuk ke pit, Vinales kembali mengegas motornya hingga menyentuh limiter.

Baca juga: Yamaha Coret Vinales dari MotoGP Austria, Kasus Motor Mogok

Berdasarkan pernyataan Yamaha, aksi Vinales berpotensi menyebabkan kerusakan mesin yang signifikan. Kerusakan tersebut berisiko mencelakai pebalap itu sendiri dan pebalap lainnya.

Maverick Vinales diduga mengendarai YZR-M1 dengan tidak normal pada MotoGP Styria 2021Dok. MotoGP Maverick Vinales diduga mengendarai YZR-M1 dengan tidak normal pada MotoGP Styria 2021

Sebab, dengan jebolnya mesin, tak menutup kemungkinan ada oli atau cairan lain yang berceceran di trek. Kondisi ini tentu sangat membahayakan pebalap apabila terjatuh.

Yamaha menyebutkan akan membuat analisis telemetri yang mendalam. Keputusan apakah Vinales akan mengikuti seri-seri berikutnya juga akan segera diumumkan setelah analisis dan diskusi antara Yamaha dan Vinales dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com