Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Bangun Fasilitas Produksi Oksigen Gratis di Cikarang

Kompas.com - 30/07/2021, 09:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), menyatakan diri siap memproduksi oksigen guna memenuhi kebutuhan medis imbas pendemi Covid-19.

Hyundai Motor telah mengolontorkan dana sebesar 800.000 dolar Amerika serikat, atau Rp 11,6 miliar guna kebutuhan produksi dan penyediaan pelatan medis.

Produksi oksigen dilakukan di bagian fasilitas pabrik HMMI di Cikarang, Jawa Barat, yang ditargetkan mulai akhir agustus 2021. Seremoni serah terima dukungan telah dilakukan bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Baca juga: Hyundai dan LG Energy Solution Bangun Pabrik Baterai di Indonesia

Diharapkan nantinya Hyundai bisa memasok 500 ton oksigen per tahun, yang diklaim dapat digunakan kurang lebih 2.400 pasien kritis secara gratis selama satu hari tiap bulan. Dengan asumsi produksi 40 ton per bulan.

Young Tack Lee, President Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters mengatakan, pihaknya memiliki tujuan agar fasilitas pabrik Hyundai Motor dapat berfungsi lebih dari sekadar memproduksi mobil, tapi juga memberikan kontribusi penting bagi masyarakat.

Pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia terus berjalan di tengah pandemi coronaIstimewa Pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia terus berjalan di tengah pandemi corona

"Hyundai Motor akan selalu melakukan yang terbaik demi mewujudkan visi kami terkait Kemajuan untuk Kemanusiaan atau Progress for Humanity yang selalu kami kedepankan," ujar Lee dalam keterangan resminya, Kamis (29/7/2021).

"Kami harap pemenuhan kebutuhan oksigen tidak hanya memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar, tapi juga membantu menyelamatkan nyawa pasien kritis yang terpapar Covid-19," katanya.

Tak hanya itu, Hyundai Motor juga memberikan donasi peralatan medis berupa 20 unit ventilator, 30 unit oksigen konsentrator, dan 100 unit tabung oksigen. Donasi sebesar 200.000 dolar Amerika Serikat tersebut akan mulai disalurkan secara bertahap pada Agustus 2021.

Baca juga: Bantu Kebutuhan Rumah Sakit, Toyota Kembali Sebarkan Donasi

Produksi oksigen nantinya akan didistribusikan ke tempat-tempat yang membutuhkan berdasarkan hasil diskusi dan konsultasi bersama Pemerintah Kota Bekasi dan sejumlah LSM.

Bantuan oksigen akan menyasar bangsal rumah sakit mitra di dekat pabrik Hyundai Motor yang kekurangan pasokan oksigen, serta keluarga yang tidak berkecukupan yang tengah menghadapi kendala dalam memperoleh oksigen dari rumah sakit.

Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) siap produksi oksigenHMMI Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) siap produksi oksigen

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengatakan, sangat berterima kasih kepada Hyundai Motor, dimana solidaritas dan persahabatan menjadi kunci keberhasilan dalam penanganan pandemi yang berkelanjutan.

"Saya juga sangat menghargai Hyundai Motor yang tidak mengambil keuntungan melalui inisiatif ini, dan memberikan bantuan ini sebagai kontribusi sosial untuk Indonesia guna membantu masyarakat yang memerlukan," ujar Luhut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com