Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Penyebab Mesin Mobil Tidak Langsam

Kompas.com - 29/06/2021, 17:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada beberapa kasus tertentu, mesin mobil bisa tidak langsam atau kondisi dimana mesin tak mampu menjaga putarannya secara stabil (idle) sehingga pedal gas harus ditekan terus-menerus.

Hal ini berpotensi menimbulkan bahaya, khususnya saat berada di trek menanjak, menurun, maupun bebas hambatan atau tol. Sebab, putaran RPM mesin hanya mengikuti kehendak kaki dan jalur.

Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan, setidaknya ada tiga faktor yang menyebabkan mesin tak langsam, yaitu pencampuran kurang tepat, karburator kotor, ada kerusakan pada komponen terkait.

Baca juga: Sering Muncul Dalam Spesifikasi Mobil, Apa Itu Hp, Nm dan Kgm

Ilustrasi oli bekerja pada mesin mobilDOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi oli bekerja pada mesin mobil

"Bahan bakar tidak bekerja sendiri untuk dapat memberikan tenaga bagi mobil. Perlu pencampuran antara bahan bakar dan udara dengan rasio yang pas agar mobil berfungsi maksimal," katanya, Selasa (29/6/2021).

"Nah kalau pengaturan pencampuran kurang tepat, maka mesin mobil tidak bisa langsam," lanjut Imansyah.

Untuk mengetahui pengaturan pencampuran sudah pas atau tidak, Anda harus melihat posisi RPM mesin dalam kondisi idle. Jika RPM mesin naik turun, maka pengaturan pencampuran bahan bakar dan udara kurang pas.

Hal ini dapat terlihat jelas ketika Anda pertama kali injak gas. RPM harus ada di posisi stabil ketika tidak menginjak pedal gas. Akibat jangka menengahnya, konsumsi bahan bakar akan jadi lebih boros.

"Untuk bisa membereskan masalah ini, Anda perlu melakukan uji emisi gas buang. Jika kadar HC dan CO terlalu tinggi, bahan bakar yang masuk ke ruang bakar terlalu besar dibandingkan kebutuhan mesin standar," ujar dia lagi.

Baca juga: Fungsi Shift Lock Mobil Transmisi Matik, Biar Bisa Didorong Saat Parkir Paralel

Posisi air intake di ruang mesin menentukan batas aman mobil saat menerjang banjirWikipedia Posisi air intake di ruang mesin menentukan batas aman mobil saat menerjang banjir

Faktor kedua ialah karburator yang kotor. Diketahui, komponen ini bertugas untuk menghasilkan tenaga optimal dari campuran bahan bakar dan udara yang tepat.

Di dalam karburator terdapat saluran bahan bakar dengan ukuran sangat kecil. Jika kotoran dari bahan bakar terbawa hingga ke sana, maka saluran menjadi tidak lancar.

Di sinilah masalah putaran mesin tidak stabil dan tenaga berkurang dapat muncul. Masalah ini sebenarnya dapat diselesaikan sendiri, tapi kalau ragu silahkan datang ke bengkel terdekat.

"Penyebab lainnya dari masalah mesin mobil tidak bisa langsam adalah kerusakan mekanisme dapur pacu," ucap Imansyah.

Ia menjelaskan, pada dasarnya terdapat empat siklus mesin ketika bekerja, yakni isap, kompresi, usaha, dan buang. Kalau salah satu siklus bermasalah, maka kinerja mesin mobil tak akan efektif sehingga tidak bisa langsam.

Kerusakan mekanisme mesin dapat menimbulkan beberapa masalah. Termasuk kegagalan kompresi salah satu silinder sehingga tenaga pembakaran turun.

Akhirnya, putaran mesin tidak bisa stabil. Kegagalan kompresi biasanya disebabkan oleh keausan dinding silinder, liner silinder, ring piston, dan klep mesin bocor.

"Kegagalan kompresi juga mampu menyebabkan mobil susah hidup pada pagi hari/kondisi dingin, oli sering habis, serta tenaga mesin berkurang. Ini jangan dibiarkan, karena bisa saja mobil jadi turun mesin," ujarnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com