Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Sport Masuk Usia 5 Tahun, Siap-siap Ganti Komponen Berikut

Kompas.com - 04/06/2021, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor jenis sport banyak dipilih karena tampilan dan performanya. Agar performanya tetap terjaga meski sudah bertahun-tahun, ada beberapa komponen yang perlu diganti sesuai dengan usia pakai.

Saat motor sport sudah memasuki usia lima tahun, biasanya ada saja beberapa komponen yang sudah mulai melemah fungsinya. Biasanya, kondisi tersebut dapat dirasakan dari perubahan performanya.

Wahyudin, Kepala Bengkel PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, untuk motor sport berusia lima tahun, biasanya suku cadang yang diganti lebih kepada komponen di area mesin.

Baca juga: Cek Harga Motor Sport 150 cc Full Fairing Juni 2021 Setelah Lebaran

"Biasanya, komponen yang diganti, seperti piston kit, valve kit, rantai mesin, crankshaft, dan bearing big end, seal pada mesin, o-ring pada penutup oli, serta gasket atau paking," ujar Wahyudin, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Yamaha R15 rival Honda CBR 150Otomania/Setyo Adi Yamaha R15 rival Honda CBR 150

Wahyudin menambahkan, bagian suspensi juga seharusnya dilakukan pengecekan, khususnya pada bagian seal-nya. Jika diabaikan dan terjadi kebocoran, dampaknya bisa fatal.

"Seal yang menggunakan material karet umumnya sudah getas saat mencapai usia lima tahun. Apalagi, seal sokbreker depan yang bisa dibilang terus bekerja saat motor melaju," kata Wahyudin.

Baca juga: Deretan Motor Sport Bekas 250 cc, Ninja 250 Mulai Rp 20 Jutaan, Scorpio Rp 14 Jutaan

Selain itu, Wahyudin menambahkan, khusus untuk motor sport, komponen seperti kampas kopling juga perlu dilakukan pergantian. Lalu, rantai roda satu set dengan gir depan dan gir belakang juga perlu untuk diganti.

Terkait harga, untuk motor sport bisa berbeda-beda. Tergantung dari merek, tipe, dan kapasitas mesin motor sport tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com