Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampai 100.000 Km, Berapa Biaya Perawatan Daihatsu Sirion Facelift

Kompas.com - 31/05/2021, 10:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadir sebagai mobil perkotaan alias city car, Daihatsu Sirion facelift 2020 ternyata memang punya tampilan yang bisa dibilang lebih sporty dengan ragam sentuhan minim yang disematkan.

Dimensinya yang terlihat mungil juga masih mampu menghadirkan kelapangan. Sementara mesin tanggungnya, secara keseluruhan masih cukup baik karena diimbangi sisi efisensi bahan bakar yang tak mengecewakan.

Lantas berapa kira-kira biaya perawatan Sirion selama 5 tahun. Hal ini tak kalah penting diperhatikan konsumen saat ingin membeli mobil, apalagi banderol Sirion tak lagi murah karena sudah di atas Rp 200 jutaan.

Baca juga: Sensasi di Balik Kemudi Daihatsu Sirion Facelift

Review Daihatsu Sirion AT 2020. Citycar Daihatsu ini memberikan beberapa ubahan yang menarik dari pembaruannya di 2020Kompas.com/Setyo Adi Review Daihatsu Sirion AT 2020. Citycar Daihatsu ini memberikan beberapa ubahan yang menarik dari pembaruannya di 2020

Berdasarkan informasi yang Kompas.com terima dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM), estimasi biaya perawatan Sirion ternyata mencapai Rp 6 juta untuk transmisi matik, dan Rp 5,9 juta untuk manualnya.

Meski tak memberikan informasi soal detail suku cadang apa saja yang diganti tiap kali perawatan, tapi jumlah tersebut merupakan akumulasi ongkos servis berkala Sirion hingga pemakaian 100.000 km atau 5 tahun.

Asumsinya, dalam satu tahun Sirion menempuh jarak sampai dengan 20.000 km. Sementara untuk perawatan dilakukan selama dua kali dalam setahun pada kelipatan 10.000 km atau enam bulan, mana yang tercapai lebih dulu.

Baca juga: Kupas Kenyamanan Kabin Sirion Facelift yang Lebih Anak Muda

Daihatsu Sirion ATKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Sirion AT

Bila dibandingkan dengan kelas di atasnya, yakni hatchabck, biaya perawatan Sirion memang masih lebih murah. 

Melihat dari selisihnya dengan beberapa hatchback yang redaksi pernah jajal, berkisar antara Rp 4 juta sampai Rp 6 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com