Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menakar Konsumsi BBM Daihatsu Sirion Facelift

Kompas.com - 26/05/2021, 11:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal performa, Daihatsu Sirion facelift 2020 memang tak beda dari versi sebelumnya karena masih mengusung mesin yang sama.

Sensasinya juga tak berbeda jauh, namun memang secara visual Sirion facelift kini lebih terlihat segar dengan beberapa sentuhan minimalis.

Lantas bagaimana soal konsumsi bahan bakar yang ditawarkan, harusnya dengan mengusung status city car bermesin 1.300 cc, Sirion cukup bisa diandalkan. Apalagi pola mobilisasinya lebih aktif untuk sehari-hari.

Baca juga: Mengapa Sedan Jarang Punya Wiper Belakang

Berdasarkan hasil pengujian redaksi beberapa waktu lalu mengajak Sirion berjalan melintasi jalur dalam dan luar kota, rata-rata konsumsinya ternyata tak terlalu mengecewakan.

Review Daihatsu Sirion AT 2020. Citycar Daihatsu ini memberikan beberapa ubahan yang menarik dari pembaruannya di 2020Kompas.com/Setyo Adi Review Daihatsu Sirion AT 2020. Citycar Daihatsu ini memberikan beberapa ubahan yang menarik dari pembaruannya di 2020

Menyentuh jarak kurang lebih 137 km, dari hasil catatan di MID, rata-rata konsumsinya menunjukan angka 14,7 kpl. Artinya, 1 liter bensin mampu mengantarkan Sirion berjalan hampir 15 km.

Angka itu pun redaksi dapatkan dari variasi gaya berkendara. Ketika melintasi di ruas jalan ibu kota, cenderung santai dan normal, tapi giliran masuk jalan tol sedikit lebih agresif.

Beberapa kali pedal gas di-kickdown untuk merasakan sensasi putaran atas, sekaligus menyalip kendaraan lain di depan. Namun pastinya masih dalam batas wajar mengingat jalan umum.

Ketika menjajalnya di rute perkotaan, konsumsi BBM Sirion sempat tembus dikisaran 15,9 kpl dengan gaya berkendara normal. 

Baca juga: Sensasi di Balik Kemudi Daihatsu Sirion Facelift

Daihatsu Sirion ATKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Sirion AT

Tentu hal ini juga didukung dengan torsinya yang lumayan, sehingga mempercepat respon tenaga tanpa perlu menekan pedal gas lebih dalam ketika stop n go

Berdasarkan hal tersebut, meski secara harga cukup kompetitif dengan para rivalnya, namun Sirion tak kalah menarik dalam hal performa dan efesiensi bahan bakar. Termasuk soal sisi fun to drive-nya.

Baca juga: Konsorsium Perusahaan China Investasi Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Daihatsu Sirion ATKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Sirion AT

Apalagi mobil CBU Malaysia ini juga punya akomodasi kabin yang lapang bagi orang dewasa. Tak salah bila Sirion dijadikan salah satu alternatif city car anak muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com