Salin Artikel

Menakar Konsumsi BBM Daihatsu Sirion Facelift

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal performa, Daihatsu Sirion facelift 2020 memang tak beda dari versi sebelumnya karena masih mengusung mesin yang sama.

Sensasinya juga tak berbeda jauh, namun memang secara visual Sirion facelift kini lebih terlihat segar dengan beberapa sentuhan minimalis.

Lantas bagaimana soal konsumsi bahan bakar yang ditawarkan, harusnya dengan mengusung status city car bermesin 1.300 cc, Sirion cukup bisa diandalkan. Apalagi pola mobilisasinya lebih aktif untuk sehari-hari.

Berdasarkan hasil pengujian redaksi beberapa waktu lalu mengajak Sirion berjalan melintasi jalur dalam dan luar kota, rata-rata konsumsinya ternyata tak terlalu mengecewakan.

Menyentuh jarak kurang lebih 137 km, dari hasil catatan di MID, rata-rata konsumsinya menunjukan angka 14,7 kpl. Artinya, 1 liter bensin mampu mengantarkan Sirion berjalan hampir 15 km.

Angka itu pun redaksi dapatkan dari variasi gaya berkendara. Ketika melintasi di ruas jalan ibu kota, cenderung santai dan normal, tapi giliran masuk jalan tol sedikit lebih agresif.

Beberapa kali pedal gas di-kickdown untuk merasakan sensasi putaran atas, sekaligus menyalip kendaraan lain di depan. Namun pastinya masih dalam batas wajar mengingat jalan umum.

Ketika menjajalnya di rute perkotaan, konsumsi BBM Sirion sempat tembus dikisaran 15,9 kpl dengan gaya berkendara normal. 

Tentu hal ini juga didukung dengan torsinya yang lumayan, sehingga mempercepat respon tenaga tanpa perlu menekan pedal gas lebih dalam ketika stop n go. 

Berdasarkan hal tersebut, meski secara harga cukup kompetitif dengan para rivalnya, namun Sirion tak kalah menarik dalam hal performa dan efesiensi bahan bakar. Termasuk soal sisi fun to drive-nya.

Apalagi mobil CBU Malaysia ini juga punya akomodasi kabin yang lapang bagi orang dewasa. Tak salah bila Sirion dijadikan salah satu alternatif city car anak muda.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/26/110200815/menakar-konsumsi-bbm-daihatsu-sirion-facelift

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.