Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Hadir di Indonesia, Chery Mau Buat Pabrik?

Kompas.com - 21/05/2021, 15:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek otomotif asal China, Chery dipastikan akan hadir kembali di pasar Indonesia pada kuartal ketiga atau Juli-Agustus tahun ini melalui strategi berbeda.

Marketing Director of RHD Region, Qin menyatakan setidaknya ada dua fase yang dilakoni perseroan. Pertama, dalam jangka pendek akan hadir sekitar lima produk baru untuk konsumen di dalam negeri.

Kedua ialah strategi jangka menengah dan panjang. Satu diantaranya, mendirikan pabrik manufaktur supaya harga jual kendaraan lebih bisa bersaing di samping memberikan kenyamanan terhadap calon pemilik.

Baca juga: Mulai Paruh Kedua 2021, Chery Siapkan 5 Mobil Baru untuk Indonesia

Merek otomotif asal China, Chery bakal kembali ke Indonesia tahun inidok.Chery Merek otomotif asal China, Chery bakal kembali ke Indonesia tahun ini

"Kami akan membagi (strategi ke Indonesia) menjadi dua fase. Siapkan pabrik juga ada dalam rencana kami," katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (20/5/2021).

Meski demikian Qin masih enggan untuk memberi kepastian waktu yang diperlukan perseroan dalam merealisasikan rencana tersebut. Termasuk di dalamnya mengenai model kendaraan yang bakal dibawa ke Indonesia.

"Nanti setelah tim kami tiba di Indonesia, kita akan bicarakan lebih jauh mengenai hal tersebut," ujar dia.

Baca juga: Mobil China Chery, Siap Masuk Indonesia Lagi Tahun Ini

Sebelumnya, Qin menyatakan bahwa bakal berkomitmen kembali untuk membawa merek Chery ke Indonesia. Dalam dua tahun ke depan, ia berencana menghadirkan lima produk baru.

"Pastinya kendaraan yang kita hadirkan sudah termasuk mobil dengan model energi tradisional (internal combustion engine) dan energi baru (electric vehicle)," ujar Qin.

Chery sendiri diketahui sempat hadir di Indonesia di bawah payung Indomobil Grup pada 2011. Namun karena preferensi pasar, merek ini memutuskan untuk keluar dan tak lagi terdaftar di Gaikindo mulai 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com