Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Panik, Kenali Penyebab Cairan yang Menetes dari Kolong Mobil

Kompas.com - 06/05/2021, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik mobil pertama, pasti tidak jarang menemui adanya tetesan cairan yang keluar dari kolong mobil. Biasanya hal ini akan terjadi ketika mobil sedang parkir relatif lama.

Kondisi ini menimbulkan tanya, tetapi jangan panik, kenali dahulu apa dan dari mana cairan tersebut berasal.

Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana menjelaskan, bila tetesan cairan yang ditemui dari kolong mobil biasanya terkait dengan komponen.

Paling sering ditemui, terutama ketika mobil parkir dalam kondisi mesin hidup diakibatkan cairan pada air conditioner (AC) mobil.

Baca juga: Stereotip Berkendara Ini Sudah Tidak Berlaku buat Pengemudi Wanita

“Ini normal, biasanya karena sirkulasi pendingin dan pembuangan sisaan kondensasi saja,” ujar Indah kepada Kompas.com belum lama ini.

Faktor lain menurut Indah adalah akibat adanya kebocoran cairan lain, seperti pendingin radiator coolant atau wiper. Tapi jenis kebocoran ini biasanya lebih sering terjadi dalam kondisi mesin mati.

Ilustrasi radiator mobilcartreatments.com Ilustrasi radiator mobil

Cara mengenali cairan yang bocor ke lantai bisa dilihat dari warnanya. Bila brupa air bening biasa, bisa dipastikan adalah sisa kondensasi AC. Sebaliknya, bila memiliki warna, umumnya merupakan kebocoran dari cairan radiator.

“Cek dan lihat cairan seperti apa dan di mana letaknya. Kalau di bawah dasbor baik sebelah kanan atau kiri biasanya karena air AC atau kebocoran dari wiper. Tapi kalau menetes saat mesin mati, besar kemungkinan dari radiator. Apalagi jika memiliki warna,” kata Indah.

Baca juga: Cek Pilihan MPV Bekas Harga Rp 70 Jutaan Jelang Lebaran

Jika terjadi hal demikian, Indah menyarankan pemilik mobil sebaiknya jangan membiarkan terlalu lama dan segera membawa kendaraannya ke bengkel untuk pengecekan dan perbaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com