Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Tirtonadi Periksa Ketat Penumpang Bus yang Tiba di Solo

Kompas.com - 29/04/2021, 17:21 WIB
Arif Nugrahadi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah memperketat prosedur protokol kesehatan menjalang Lebaran terkait dengan Surat Edaran Satgas Covid-19 tentang peniadaan mudik Lebaran 2021.

Penjelasan ini disampaikan langsung oleh ketua Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto. Pihaknya akan melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan melakukan pemeriksaan ketat bagi penumpang bus yang memasuki terminal.

Baca juga: Punya Uang Rp 180 Juta, Lebih Baik Beli Alphard Bekas atau Avanza Baru?

"Kita kan sebagai pelaksana paling bawah terkait pengawasan transportasi dan penumpang yang termasuk dalam wilayah Pemerintahan Kota Solo, jadi kita juga akan mendukung penuh keputusan yang diambil oleh pemerintah," Kata Joko kepada Kompas.com, Kamis (29/4/2021).

Seorang penumpang melakukan pemeriksaan GeNose di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Senin (12/4/2021).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Seorang penumpang melakukan pemeriksaan GeNose di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Senin (12/4/2021).

Petugas terminal berharap, pelaku perjalanan jauh jangan takut untuk turun di terminal dengan adanya protokol kesehatan ketat.

Justru yang menakutkan adalah jika turun di tengah jalan tanpa mengetahui apakah bebas virus atau tidak dan membawanya ke keluarga.

Baca juga: Cari Sedan Bekas Rp 20 Jutaan, Ini Pilihannya

Joko menjelaskan, untuk penumpang yang akan masuk ke terminal harus melakukan berbagai protokol kesehatan.

Pertama kali masuk Terminal, penumpang diwajibkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Sudah disediakan tandon air dan juga sabun di depan pintu masuk terminal.

Kemudian setelah masuk akan dilakukan pengecekan suhu badan dengan alat pengukur suhu otomatis yang sudah disiapkan. Selain itu semua pengunjung terminal wajib memakai masker.

Bus AKAP di terminal Tirtonadi Solo, Jawa TengahArif Nugrahadi Bus AKAP di terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah

"Kami juga melakukan tes GeNose secara acak bagi penumpang yang baru datang dari luar Kota, kita sudah menyiapkan petugas dan alatnya juga. Hasilnya nanti akan langsung keluar, jadi bisa sebagai bukti di kampung halaman," kata Joko.

Penumpang yang dinyatakan reaktif setelah melakukan tes GeNose akan segera di bawa ke ruang isolasi Terminal Tirtonadi. Nantinya pihak terminal akan berkoordinasi dengan satgas Covid-19 Solo untuk tindakan lanjutan.

Baca juga: Duet Baru Raize dan Rocky Resmi Diperkenalkan

Joko mengimbau untuk masyarakat sebaiknya tidak melakukan mudik terlebih dahulu. Hal ini sebagai antisipasi persebaran covid-19 yang bukan hanya penting bagi diri sendiri namun juga bagi keluarganya.

Tes GeNose Di Terminal Tirtonadi SoloArif Nugrahadi Tes GeNose Di Terminal Tirtonadi Solo

"Untuk pelaku perjalanan nonmudik harap dipersiapkan kelengkapan dokumen seperti yang dihimbau oleh pemerintah. SIKM, surat keterangan negatif, dan lain sebagainya," ucap Joko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com