Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Performa Honda CR-V Facelift 1.5L Turbo Prestige

Kompas.com - 29/03/2021, 15:32 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadir membawa teknologi Honda Sensing dengan ragam fitur keselamatan aktif, CR-V facelift 1.5 Turbo Prestige, bisa jadi jawaban bagi yang mencari sport utility vehicle (SUV) berpenampilan mewah sarat akan fitur.

Namun harus diketahui, lantaran hanya berstatus facelift, otomatis dari sektor mesin dan performa tak ada yang baru. Honda masih membenamkan mesin 1.500 cc Turbo Earth Dreams Technology yang sama dengan model lawas.

Mesin VTEC turbo tersebut, mampu mengolah tenaga hingga 190 PS atau 187,4 tk pada 5.600 rpm dan torsi lembut 240 Nm dari 2.000 hingga 5.000 rpm. Sistem transmisi CVT dan drive by wire juga masih tertanam sehingga membuat sensasi serta sisi performanya tak jauh berbeda.

Baca juga: Aura Baru CR-V Facelift 1.5L Turbo Prestige yang Lebih Segar

Honda CR-V facelift 1.5L Turbo PrestigeKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda CR-V facelift 1.5L Turbo Prestige

Dari putaran bawah, tenaga sudah bisa dirasakan, tapi memang masih ada sedikit jeda yang terasa ketika pedal gas langsung di kickdown.

Tak ada yang berbeda dari sistem perpindahan transmisi CVT -nya. Hal tersebut menjadi nilai plus, lantaran memungkinan SUV ini melesat dengan smooth tanpa hentakan.

Ketika membawa CR-V masuk ke jalur bebas hambatan dan mendapat momen kondisi lalu lintas yang sepi, pedal gas kami injak lebih dalam.

Hasilnya memang tak butuh waktu lama bagi CR-V menyentuh kecepatan 100 kpj, padahal tuas transmisi belum dipindah ke mode sport.

Soal jeda tenaga memang sedikit terasa, namun tidak terlalu signifikan. Menariknya, meski memiliki ground clearance yang lumayan tinggi sebagai SUV, tapi gejala limbung ketika bermanuver dengan kecepatan di atas 60 kpj, masih bisa ditoleransi dengan baik.

Bantingan suspensi juga sangat bersahabat, hal tersebut cukup wajar mengingat orientasi CR-V sendiri lebih fokus pada sisi kenyamanan. Bahkan kabin juga dibuat cukup senyap dengan sistem peredaman yang baik.

Honda CR-V Prestige 2021. Menawarkan fitur keamanan Honda SensingKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda CR-V Prestige 2021. Menawarkan fitur keamanan Honda Sensing

Baca juga: Bahas Interior CR-V Facelift, Makin Segar meski Ada yang Kurang

Sayang kami tak bisa merasakan optimal sensasi putaran atasnya, selain karena visibilitas yang kurang akibat hujan deras yang turun, jalan tol juga bukan tempatnya untuk menguji performa.

Tapi dari hasil singkat perjalanan kami dari Jakarta ke Cikampek, rasanya tak begitu berbeda dengan model lawas, bisa dibilang 11-12 meski versi facelift kini lebih value for money.

Honda CR-V facelift 1.5L Turbo PrestigeKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda CR-V facelift 1.5L Turbo Prestige

Sementara dari hasil pengujian performa menggunakan perangkat khusus, redaksi mendapatkan hasil bila dari titik diam hingga 60 kpj, CR-V mampu melesat dalam waktu 5,8 detik. Sedangkan dari 0-100 kpj sekitar 12,2 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com